Hindari Kerumunan

Ist

Hingga Selasa (5/5/2020) jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kaltim masih terus bertambah. Demikian juga dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Jumlah ODP naik 74 orang menjadi 8.251 orang. Rinciannya, 7.258 orang selesai pemantauan dan yang masih dalam proses sebanyak 993 orang.

PDP juga masih mengalami peningkatan. Keseluruhan berjumlah 593 orang dengan peningkatan sebanyak 13 orang pada Selasa kemarin.

Dari jumlah itu, sebanyak 237 hasil laboratorium menyatakan negatif, 168 dinyatakan positif dan 187 orang masih menunggu hasil laboratorium.

"Apa artinya? Penyebaran virus corona masih belum berhenti. Maka tugas kita bersama untuk menghentikannya," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin, Rabu (6/5/2020).

Lalu bagaimana agar masyarakat bisa ikut berkontribusi menghentikannya, Nazrin mengingatkan agar masyarakat berdisiplin menghindari kerumunan, menjaga jarak, menggunakan masker jika terpaksa ke luar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun. 

"Dari klaster yang terdata, virus corona ini sangat mudah menyebar di kerumunan. Maka itu, tidak ada kata lain, hindari kerumunan," imbau Nazrin. 

Dilaporkan juga, seluruh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kabupaten dan kota terus melakukan sosialisasi serta langkah pencegahan agar penyebaran virus berbahaya ini bisa dihentikan. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait