Kalimantan Timur
HKG PKK ke-43 dan BBGRM XII di Kutai Barat

Gubernur: Sinkronisasi Program PKK Dengan RPJMD

 

SENDAWAR – Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengharapkan agar Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) provinsi maupun kabupaten dan kota se-Kaltim menyusun kegiatan kerja yang disinkronisasikan dengan program pembangunan daerah.

“Saya minta PKK mensinkronkan programnya dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD),” kata Awang Faroek Ishak pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII di Taman Budaya Sendawar Barong Tongkok Kutai Barat, Selasa (21/4).

Hal ini penting dilakukan, karena PKK sebagai organisasi mitra pemerintah sangat berperan untuk mendukung serta menyukseskan program pembangunan di daerah demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Gubernur menginstruksikan agar PKK memantapkan pelaksanaan 10 program pokok. Sebab, program-program tersebut sangat sesuai dengan program prioritas daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kader-kader PKK yang tersebar dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota bahkan level paling bawah hingga tingkat rukun tetangga (RT) mampu memotivasi masyarakat untuk berperan dalam pembangunan sesuai bidang dan kemampuan.

“PKK khususnya para kader harus mampu membentuk keluarga yang lebih berkualitas melalui peningkatan pendidikan, kesehatan serta sosial kemasyarakatan. Kita mulai dari lingkup terkecil yakni keluarga sehingga terbentuk masyarakat Kaltim yang kuat, tangguh dan berakhlak serta berkualitas dan berdaya saing,” ujarnya.

Selain itu, melalui momentum peringatan BBGRM XII,  hendaknya mampu meningkatkan peran masyarakat mendukung program pembangunan yang telah ditetapkan dengan semangat kegotongroyongan.

“Pembangunan ini akan cepat dicapai dan diwujudkan dengan memberdayakan potensi masyarakat dengan semangat gotong royong sesuai dengan komitemn dan tekad  bersama guna mencapai percepatan pembangunan,” harapnya.

Karena itu, jajaran lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM)  yang sudah terbentuk dari dewan pengurus daerah (DPD) LPM di provinsi hingga kabupaten dan kota serta DPC LPM di kecamatan hingga desa harus mampu menggerakkan masyarakat.

“Pembanganan yang dilaksanakan tidak akan sukses tanpa peran elemen dan komponen masyarakat utamanya memberdayakan masyarakat itu sendiri. Pemprov Kaltim terus memberikan dukungan dan perhatian bagi seluruh elemen masyarakat serta organisasi kemasyarakatan dalam upaya bersama mencapai percepatan pembangunan di daerah,” ungkap Awang Faroek Ishak.

Hadir dalam pelaksanaan peringatan HKG PKK ke-43 dan BBGRM XII di Taman Budaya Sendawar Kecamatan Barong Tongkok Kubar, yakni Ketua Umum TP PKK Kaltim Hj Ence Amelia Suharni Faroek dan Bupati Kubar Ismael Thomas serta Ketua TP-PKK Kubar Lucia Mayo Thomas.

Hadir pula sejumlah ketua dan jajaran TP-PKK kabupaten dan kota se-Kaltim. Dalam kesempatan tersebut diserahkan berbagai penghargaan bagi pemenang lomba meringati HKG PKK ke-43. Keluar sebagai juara umum adalah TP-PKK Kota Samarinda.(yans/es/hmsprov).

/////FOTO : Ketua TP-PKK Kaltm Hj E Amelia Suharni Faroek menyerahkan piala bergilir Gubernur Kaltim kepada Ketua TP-PKK Kota Samarinda Hj Puji Setyowati Ja’ang yang berhasil meraih Juara Umum HKG PKK 2015.(masdiansyah/humasprov)

 

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation