HP Kadis Sosial Kaltim Di-Hack, Minta Bantu Transfer Dana

Ist

SAMARINDA - Di tengah upaya  Pemprov Kaltim membantu masyarakat yang terdampak Virus Corona, ada saja oknum yang diduga ingin memanfaatkan situasi.

Upaya yang diduga yakni melakukan penipuan dengan cara menkloning nomor hand phone (HP) Kepala Dinas Sosial (Kadis Sosial) Kaltim, Agus Hari Kesuma.

Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim, Syafranuddin menerangkan aksi meng-hack  nomor HP Kadis Sosial ini, diketahui setelah ada WA masuk ke salah satu pejabat Pemprov Kaltim. 

“Karena dinilai janggal, akhirnya dilakukan cross cek, ternyata benar HP Pak Agus sudah di-hack orang. Karenanya kepada masyarakat yang menerima telepon atau WA nomor Pak Agus untuk sementara tidak dilayani,” pesan Syafranuddin.

Lebih jauh disebutkan, dalam WA yang dikirim, disebutkan permintaan tolong untuk membantu transfer uang karena rekening (penipu,red) sudah melampaui batas.

Dalam pesan yang dikirim via WA itu, ujar Syafranuddin – Jubir Pemprov Kaltim ini, seakan-akan Pak Agus meminta tolong dengan alasan tidak bisa kirim uang.

“Dalam WA yang terkirim pukul 20.03 itu, ditulis Barusa coba kirim uang tapi Bangkin sy masih limit ni…, Klu bisa minta bantuan dikirimin dulu tar besok pagi sy yg ganti dananya. Urgent” sebut Ivan, sapaan akrabnya.

Melihat chat yang ada, diduga kuat nomor HP Pak Agus dihack orang dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak benar. 

Kepada masyarakat, jika menerima pesan atau WA yang mengatasnamakan Agus Hari Kesuma, Kadis Sosial Kaltim agar tidak melayani dan sebaiknya segera dilaporkan ke Polisi. 

“Terlebih-lebih jika ada yang mengaitkan dengan bantuan sosial termasuk bantuan sosial dampak Virus Corona,” pesan Ivan. (fan/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait