Humas Cuci Tangan

Foto : Yuvita Indrasari

SAMARINDA - Anjuran pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk mencuci tangan bertujuan untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Menindaklanjuti anjuran tersebut, Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Setdaprov Kaltim berkreasi membuat tempat cuci tangan portabel. 

.

"Kalau tempat cuci tangan diletakkan di depan pintu seperti ini, orang mau masuk pasti langsung ingin cuci tangan karena letaknya strategis. Daripada diletakkan di belakang, tidak kelihatan," tutur Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim M Syafranuddin, Kamis (9/4/2020). 

Karo Humas yang akrab disapa Ivan tersebut menjelaskan, tempat cuci tangan ini sangat mudah dibuat. Hanya menggunakan seng cuci piring yang banyak dijual di toko pecah belah, galon,  penyedot galon otomatis dan ember. Semuanya dirangkai dengan sedemikian rupa untuk memudahkan dalam mencuci tangan. Fungsi ember sebagai wadah penampung air bekas cucian tangan. 

.

"Harapannya orang yang masuk ke ruang Biro Humas baik pegawai maupun tamu sudah bersih tangannya sehingga tercegah penularan Covid-19. Selain itu, diimbau untuk menggunakan masker," ujar Ivan. 

.

Kepala Sub Bagian Publikasi Humas Inni Indarpuri menambahkan, letak wadah cuci tangan di pintu masuk ini juga tak jauh dari Media Center. Sehingga, wartawan yang sedang berada di Media Center juga bisa memanfaatkan tempat cuci tangan ini.

.

"Kelangkaan sanitizer bisa diganti dengan cuci tangan memakai sabun dan ternyata jauh lebih efektif. Jangan lupa cuci tangannya minimal selama 20 detik," imbuh Inni. Apalagi sabun juga lebih murah dan mudah didapatkan daripada sanitizer.(yuv/her/yans/humasprovkaltim)

.

Berita Terkait