Kalimantan Timur
HUT ke-2 Jamkrida Kaltim, Jamkrida Diminta Tingkatkan Kontribusi untuk PAD


 

SAMARINDA – Pada 7 Januari 2017, PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) berusia 2 tahun. Berlokasi di Jalan Gamelan Samarinda, Selasa (17/1). Momentum ini diharapkan memberi motivasi kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu mendapat keuntungan lebih baik, sehingga mampu meningkatkan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD).

Jamkrida Kaltim memiliki usaha berupa penjaminan, yakni memberi jaminan terhadap berbagai kegiatan UMKM, Kontrak Bank Garansi, Konstruksi, Barang dan Jasa. Perusahaan ini memiliki visi dan misi, yaitu menciptakan PT Jamkrida menjadi perusahaan penjaminan yang terpercaya guna mendukung kegiatan koperasi dan UMKM.

“Melalui momentum ini, diharapkan Jamkrida dapat menjadi pendukung kekuatan ekonomi Kaltim di masa datang,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Dr Hj Meiliana ketika menghadiri peringatan HUT ke-2 PT Jamkrida, di Samarinda, Selasa (17/1).

Meiliana mengatakan, bertambahnya usia, diharapkan Jamkrida semakin matang dalam bekarya dengan menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance secara berkesinambungan. Artinya, memiliki kejelasan fungsi, struktur, sistem dan bertanggungjawab. Jamkrida diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pemegang saham dalam bentuk pendapatan asli daerah (PAD).

Pemprov Kaltim memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se Kaltim yang telah melakukan penandatangan kesepakatan bersama Pemprov Kaltim tentang pemberian penyertaan modal ke PT Jamkrida melalui alokasi APBD masing-masing. Termasuk MoU antara Direktur PT Jamkrida.

“Langkah yang dilakukan sangat sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan program pro rakyat. Terutama meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui koperasi dan UMKM,” jelasnya.

Direktur Operasional PT Jamkrida Agusshoir mengatakan sejak dibentuk PT Jamkrida Kaltim dua tahun terakhir, ternyata mampu menangani 400 nasabah. Ditargetkan pada 2017 mampu membantu pelaku usaha hingga mencapai 2.000 nasabah di Kaltim.(jay/sul/es/humasprov).

Berita Terkait