Ibrahim Berharap Rumusan Rakorsin Pangan Segera Diimplementasikan

Ibrahim

SAMARINDA - Strategi pembangunan kemandirian pangan dengan hasil rumusan yang telah disepakati bersama dari Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi (Rakorsin) tahun 2019 segera diimplementasikan. Juga dijabarkan kedalam program dan kegiatan dinas maupun badan masing-masing dengan tujuan memenuhi kebutuhan pangan di Kaltim.

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Kaltim H Ibrahim mengatakan Pemprov Kaltim melalui Dinas PTPH terus berkomitmen untuk tetap meningkatkan produksi padi di daerah dengan berbagai program yang telah disepakati dalam Rakorsin Pembangunan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura se Kaltim 2019.

"Kita harapkan apa yang direncaakan melalui perumusan dari Rakorsin Pangan tahun ini benar-benar dapat ditindaklanjuti melalui kegiatan dan program, khususnya dalam pengembangan pangan. Termasuk hortikultura dengan melibatkan pihak swasta di Kaltim," kata Ibrahim di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (15/3/2019).

Berbagai upaya dilaksanakan menurut dia, untuk percepatan mewujudkan swasembada beras di Kaltim. Diantaranya melalui perbaikan prasarana pengairan dengan pembangunan bandungan serta kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi, pipanisasi, pembangunan pintu-pintu air dan pompanisasi. “Termasuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pemuda petani melalui berbagai pelatihan dan keterampilan," tandasnya.

Selain pembukaan lahan pertanian juga dikembangkan padi ladang dalam upaya pemenuhan kebutuhan beras di Kaltim. Pengembangan lahan untuk jagung, kedelai dan komoditi lainnya di daerah. Termasuk pengembangan hortikultura untuk berbagai jenis buah-buahan.

"Produksi jagung sudah surplus. Namun akan terus kita kembangkan di beberapa daerah. Termasuk tumpang sari di perkebunan kelapa sawit dengan tanaman pangan seperti padi, jagung kedelai (pajele)," kata Ibrahim. (mar/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation