Ichwansyah Optimis Sektor Pariwisata Dapat Meningkatkan PAD

SAMARINDA - Sektor pariwisata diyakini menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Pemprov Kaltim  terus mendorong peningkatan sektor pariwisata guna memberikan multyplayer efek bagi ekonomi masyarakat.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim H Ichwansyah menjelaskan berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) pengembangan pariwisata diperlukan sinergi program dan pengembangan  destinasi wisata baik pusat, provinsi maupun  kabupaten dan kota.  Sehingga sektor pariwisata diharapkan menjadi  andalan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). "Optimis. Sektor pariwisata sangat penting dikembangkan dalam upaya peningkatan (PAD)," kata Ichwansyah, Senin (25/3/2019).

Menurunya, Pemprov terus mendorong peningkatan sektor parwisata di seluruh daerah guna memberikan multyplayer efek bagi ekonomi masyarakat di wilayah wisata. "Perkembangan pariwisata suatu daerah berimbas  pada ekonomi masyarakat dan berkembang meningkatkan PAD untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ichwansyah mengakui ada daerah yang tidak memiliki potensi apapun. Namun berkat inovasi dan kreatifitasnya menjadi destinasi wisata. "Kita  terus mendorong terbangun destinasi wisata. Perkembangan pariwisata berefek pada sektor lain. Seperti industri kreatif dan UMKM ikut berkembang baik kuliner, sovenir dan lainnya," ujarnya.

Ditambahkannya, Kaltim memiliki aneka ragam budaya seperti budaya pesisir hingga pedalaman di Kutai Barat sampai Kabupaten Mahakam Ulu Termasuk  Samarinda dengan wisata crusise Sungai Mahakam. Menurutnya, potensi semua itu merupakan keunggulan komparatf yang tidak dimilik kabupaten maupun kota lain di tanah air.

"Juga Kabupaten Berau, Bontang, Kutai Timur, Paser dan Balikpapan yang memiliki obyek wisata laut dan pantai juga obyek lainya. Kalau dikelola secara maskimal. Bukan saja memberikan PAD tetapi meningkatkan perekoniman masyarakat melalui produk UMKM," papar Ichwansyah. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait