iKaltim Dapat Diakses 38 Negara

 

SAMARINDA – Aplikasi iKaltim merupakan perpustakaan digital yang dikelola Badan Perpustakaan Daerah (BPD) Kaltim dapat diakses seluruh masyarakat di daerah bahkan internasional utamanya pada 38 negara.

Menurut Kepala BPD Kaltim Hj Ardiningsih, aplikasi iKaltim berisikan bahan bacaan dalam format digital yang dapat dipinjam dan dibaca masyarakat secara gratis.

“iKaltim merupakan terobosan yang kami lakukan atas inisiatif Gubernur Awang Fareok dalam upaya memacu minat dan budaya baca masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi atau digital,” katanya, Senin (10/10).

Didampingi Kabid Informasi dan Otomasi Taufik, Ardiningsih menjelaskan aplikasi perpustakaan digital ini dapat diakses melalui telepon seluler atau smartphone dan sementara ini versi yang disediakan aplikasi di android.

Teraksesnya iKaltim secara nasional bahkan pada 38 negara tentu akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap informasi ilmu pengetahuan dan kondisi Kaltim secara luas.

Sebab lanjutnya, iKaltim selain berisi aplikasi buku bacaan dari penerbit untuk pelajar dan mahasiswa maupun masyarakat umum juga informasi tentang daerah.

Dia menyebutkan koleksi iKaltim hingga saat ini sudah mencapai 7.000 judul buku baik buku sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi serta buku bacaan umum dan iptek, seni dan budaya maupun pariwisata dan potensi Kaltim.

“Masyarakat secara umum khususnya pelajar dapat membaca berbagai buku koleksi kami termasuk masyarakat dunia dari 38 negara. Karena, hanya dengan telepon seluler atau android maka orang sudah bisa membaca berbagai buku dengan mengakses iKaltim” sebut Ardiningsih.

Dia menambahkan program iKaltim sebagai inisiasi Gubernur Kaltim sekaligus upaya Pemprov untuk mencerdaskan masyarakat  melalui gemar membaca dengan memanfaatkan kemajuan IT. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation