iKaltim Terbuka untuk Perpustakaan Pribadi Kepala Daerah

 

SAMARINDA – Badan Perpustakaan Daerah Kaltim  telah mengelola perpustakaan digital melalui iKaltim dan memberi kesempatan bagi kepala daerah untuk membuka perpustakaan pribadi.

“Kabupaten dan kota bisa bergabung di iKaltim dengan membuka perpustakaan minimal perpustakaan pribadi kepala daerahnya baik bupati maupun walikota,” kata Kepala Badan Perpustakaan Daerah Kaltim Hj Ardiningsih.

Menurut dia, fasilitas perpustakaan digital (iKaltim) yang dimiliki Pemprov sudah memadai dan kabupaten/kota tidak perlu lagi membangun sistem di masing-masing daerah.

Karenanya, kabupaten dan kota tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk membangun sistem perpustakaan digital tetapi cukup bergabung di iKaltim yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

Selain terbuka untuk perpustakaan pribadi kepala daerah juga unsur pejabat kabupaten dan kota bisa ikut bergabung serta berpartisipasi pada perpustakaan digital yang telah dilaunching Gubernur Kaltim pada Juli lalu.

Ketersediaan iKaltim sebagai perwujudan perpustakaan modern berbasis digital, sehingga masyarakat dapat meminjam dan membaca buku secara online melalui perangkat elektronik maupun telepon seluler (android).

Dia menyebutkan sejak peluncuran hingga Agustus lalu iKaltim sudah beranggotakan ribuan orang bahkan ada yang mendonasi buku pelajaran siswa SD hingga SMA.

“Mari jadikan iKaltim wadah kita bersama juga kabupaten dan kota sebagai media bacaan digital yang mencerdaskan masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa,” ajaknya.

Ardiningsih menambahkan gubernur dan pejabat Kaltim sudah mendonasikan buku-buku karya mereka untuk  koleksi iKaltim dan masyarakat dapat meminjam secara online dengan waktu paling lama tiga hari dan maksimal tiga buku. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation