IKA-PTK Kaltim Wajib Dukung Suksesnya GNRM


SAMARINDA – Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKA-PTK) Kaltim sebagai organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan pegawai negeri sipil (PNS) dari jenjang lurah hingga pejabat eselon di lingkup pemerintah kabupaten dan  kota bahkan provinsi wajib mendukung suksesnya program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Hal tersebut ditegaskan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP pada Silaturahim Dewan Pengurus Provinsi (DPP) IKA-PTK Kaltim di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (8/8).

Menurut dia, revolusi mental merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang berorientasi pada perbaikan tata kelola pemerintah maupun prilaku aparatur sipil negara (ASN).

“Pembangunan perlu didukung tata kelola pemerintahan dan sumber daya aparatur. IKA-PTK menjadi motor reformasi birokrasi agar terlaksana pemerintahan yang baik dan berwibawa serta bebas dari tindak KKN,” katanya.

Pemberian insentif dan tunjangan bagi PNS harus pula diikuti penegakan aturan dengan pemberian sanksi tegas bagi aparatur yang melakukan pelanggaran aturan. Termasuk penonaktifan bagi pejabat yang terbukti dengan jelas telah melakukan perbuatan korupsi serta penggantian terhadap pejabat yang tidak berprestasi.

Apalagi lanjutnya, saat ini pemerintah dihadapkan pada tantangan untuk penegakan demokrasi dan tuntutan transparansi dari masyarakat termasuk pemberian pelayanan prima. “Inilah maksud saya agar IKA-PTK yang anggotanya para pegawai bahkan pejabat pemerintahan harus peduli dan respon terhadap tuntutan masyarakat dalam menciptakan pemerintahan bersih dan  berwibawa melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental,” harapnya.

` Sementara itu Ketua DPP IKA-PTK Kaltim H Aji Sayyid Fathur Rahman mengemukakan silaturahim rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang tukar informasi sesama anggota dan aparatur pemerintahan.

“Jadi kami selain untuk meningkatkan hubungan dan komunikasi. Juga, bertukar informasi terkait kondisi dan pelaksanaan pemerintahan di daerah. Pertemuan ini harus memberi makna dalam membangun sinergitas sesama anggota dan sesama aparatur pemerintah,” ujar Aji Sayyid Fathur Rahman.

Silaturahim dirangkai dengan pemberian santunan bagi anak panti asuhan dan tausiyah oleh Ustadz Said Husaini. Tampak hadir Bupati Penajam Paser Utara H Yusran Aspar serta pengurus IKA-PTK Kaltim.(yans/es/humasprov).

Berita Terkait