Iluni UI Harus Berperan Dalam Pembangunan Kaltim

Iluni UI Harus Berperan Dalam Pembangunan Kaltim

 

BALIKPAPAN – Keberadaan lulusan perguruan tinggi terbesar di nusantara seperti Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) hendaknya mampu memberikan manfaat besar bagi kemajuan Kaltim.

Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada silaturahim dan halalbihalal Ikatan Alumni Universitas Indonesia wilayah Kalimantan Timur di Balikpapan, Sabtu (1/8).

“Lulusan UI di manapun berada harus mampu berperan dalam pembangunan daerah ini. Berbagai sektor terbuka untuk pengabdian kita, memajukan daerah,” kata Awang Faroek Ishak.

Kaltim menurut Awang, memerlukan perhatian dan kepedulian serta dukungan orang-orang cerdas dan mau bekerja keras tidak terkecuali para alumni UI, sehingga daerah yang kaya akan sumber daya alam ini terjadi percepatan pembangunan.

Selain itu, Kaltim yang sudah dimekarkan menjadi dua provinsi (Kaltim dan Kalimantan Utara) ternyata masih memiliki geografis dan luasan wilayah cukup besar. Namun, jumlah penduduk sedikit yang tersebar di perkotaan maupun pedesaan, pedalaman dan  perbatasan.

Kondisi wilayah ini lanjut Awang, memerlukan orang-orang yang berkompeten dan berkualitas di bidangnya masing-masing. Maka, lulusan UI harus dapat menunjukkan kemampuan sesuai bidang ilmu saat menjalani pendidikan di perguruan tinggi ternama tersebut.

“Saya yakin anggota Iluni UI pasti memiliki kemampuan dan keahlian. Mari kita rapatkan barisan dan bersama-sama berkomitmen bekerja keras untuk mencapai kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat Kaltim,” ajak Awang Faroek.

Gubernur menyebutkan berbagai sektor pembangunan masih terbuka bagi alumni UI di Kaltim. Misalnya, berperan aktif di program pembangunan sektor pertanian dalam arti luas, pendidikan dan kesehatan bahkan infrastruktur.

Sementara itu Ketua Umum Iluni UI Wilayah Kaltim H Sabri Ramdhani mengatakan Iluni UI wilayah Kaltim akan menjadi wadah perjuangan untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

“Kita telah berkomitmen organisasi ini akan mampu memperkuat sinergi antar alumni UI. Terutama menjadi wadah perjuangan untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dan menjadi wahana kepedulian melalui aksi sosial kemasyarakatan,” ujar Sabri Ramdhani.

Silaturahim dan halalbihalal Ikatan Alumni UI wilayah Kaltim selain dihadiri ratusan anggota dan pengurus Iluni, juga dihadiri Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi. Sementara dalam organisasi ini, Gubernur Awang Faroek Ishak diangkat sebagai Ketua Penasehat. (yans/sul/es/adv)

Berita Terkait