Implementasikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Melalui Website

Website Dispertan Kaltim Masuk Nominasi 10 Besar

 

SAMARINDA – Website Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Kaltim berhasil masuk  nominator 10 besar dalam Lomba Website Kementerian Pertanian 2014. Masuknya website Dispertan Kaltim dengan alamat http://dispertan.kaltimprov.go.id sebagai nominator karena dinilai mampu menyajikan berbagai data dan informasi yang up to date tentang pertanian.

Kepala Dispertan Kaltim H Ibrahim mengatakan sesuai dengan komitmen Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak untuk mengimplementasikan Undang Undang Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana Kaltim berhasil meraih peringkat pertama untuk KIP tingkat nasional 2013, yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Pak Gubernur berpesan agar website sebagai wadah penyajian informasi pembangunan secara online yang dikelola oleh setiap SKPD harus menyajikan data dan informasi terbaru dan harus update. Sesuai arahan itu, kita terus berusaha membenahi website Dispertan, hingga akhirnya didaftarkan untuk mengikuti lomba dan masuk dalam nominasi 10 besar di Kementerian Pertanian,” kata Ibrahim, Senin (25/8).

Menurut dia, pembenahan yang dilakukan diantaranya dengan menyajikan berita maupun informasi terbaru tentang perkembangan pelaksanaan program pembangunan pertanian dan tanaman pangan. Salah satu informasi yang terus di update adalah untuk konten harga komoditi seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya, yang bersumber dari Pasar Induk Segiri di Samarinda.

“Informasi yang kita sajikan untuk masyarakat, baik informasi pembangunan ataupun perkembangan harga pasar untuk komoditi pertanian dan tanaman pangan. Pada website kami menyajikan hotline baik nomor telepon, faksimili dan SMS (Short Message Service) bagi masyarakat yang ingin bertanya atau mengetahui informasi tentang pertanian,” jelasnya.

Ibrahim berharap, dalam proses selanjutnya yang akan dilakukan penilaian oleh tim juri dan wawancara pejabat eselon I dari Kementerian Pertanian kepada Kadispertan, website Dispertan Kaltim bisa masuk dalam jajaran tiga besar nasional.

Diketahui, Dispertan Kaltim baru mulai mengikuti lomba website yang diselenggarakan Kementerian Pertanian pada 2012. Baru pada 2014, sejak didaftarkan pada 3 Juni 2014 dan pada 17 Agustus 2014 diumumkan website Dispertan Kaltim masuk nominasi 10 besar dari seluruh peserta yang berasal dari semua SKPD di 33 provinsi di lingkup Kementerian Pertanian. (her/hmsprov).

Berita Terkait