Infrastruktur Dasar Harus Menjangkau Kawasan Pinggiran

SAMARINDA – Kaltim yang diberi keberkahan sumber daya alam melimpah namun hingga saat ini masih memiliki permasalahan dalam pemenuhan infrastruktur dasar bagi masyarakat. Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menegaskan melalui visi misi Kaltim Berdaulat telah menetapkan pembangunan dilaksanakan harus merata hingga daerah pinggiran dan pedalaman.

Menurut dia, pembangunan yang merata mampu menghilangkan kesenjangan tentu berimbas pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Diakuinya, sesuai data BPS bahwa masyarakat miskin di Benua Etam masih mencapai enam persen yang berarti dibawah angka rata-rata nasional.

“Namun, siapa bisa jamin kalau rakyat kita di pedalaman, perbatasan maupun kawasan pinggiran sudah terangkat ekonominya. Saya targetkan infrastruktur dasar harus menjangkau kawasan itu,” katanya pada Musrenbang RPJMD di Pendopo Lamin Etam, Kamis (17/1/2019).

Diungkapkannya, kebanyakan masyarakat miskin terdapat di daerah pedalaman, perbatasan dan terpencil serta pinggiran yang umumnya berprofesi sebagai petani dan nelayan. Karenanya, infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan dan pelabuhan termasuk listrik dan air bersih harus segera dibangunkan.

Selain itu, kebutuhan dasar baik pendidikan dan kesehatan juga sandang, pangan dan papan harus mudah diakses masyarakat. “Jadi kekayaan kita ini harus benar-benar membuat rakyat kita menikmatinya. Jangan hanya disebut-sebut kaya sumber daya alam tapi rakyatnya miskin,” tegasnya.

Isran menegaskan komitmen dan tekad dirinya bersama Wakil Gubernur Hadi Mulyadi harus didukung seluruh aparatur pemprov bersinergi dengan kabupaten dan kota. “Keinginan kita rakyat harus sejahtera. Tidak ada kata lain maka harus bekerja keras dan bersama-sama serta saling sinergi,” ungkapnya.(yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait