Infrastruktur Memadai untuk Mendukung Sukses Kunjungan Wisata

Infrastruktur Memadai untuk Mendukung Sukses Kunjungan Wisata

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menegaskan ketersediaan sarana dan prasarana atau infrastruktur merupakan salah satu prasayarat yang sangat menentukan kesuksesan kunjungan wisata ke Kaltim.

Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak dalam kegiatan Tembang Kenangan dan Parade Puisi Otonomi Khusus di Studio 3 RRI Samarinda, Minggu (1/2), garapan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim kerjasama dengan LPP RRI Samarinda.

“Kita bersyukur telah menyelesaikan pembangunan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan. Ini merupakan Bandara internasional sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara maupun nasional,” kata Awang Faroek Ishak.

Keberadaan bandara dengan berbagai fasilitasnya ini menurut Gubernur, ikut menentukan serta sangat menunjang bagi memudahkan dan memberikan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten dan kota di Kaltim.

Demikian halnya pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) Sungai Siring yang sudah menyelesaikan sisi darat (terminal penumpang dan area kendaraan) yang saat ini sedang memasuki pengerjaan sisi udara.

Pembangunan sisi udara bandara BSB yang berada di ibukota provinsi Benua Etam yang melibatkan pihak BUMN ini ditargetkan tuntas pada 2016 dan segera dapat dioperasikan guna menunjang transportasi udara Kaltim.

Termasuk pembangunan jalan tol Samarinda-Balikpapan yang saat ini sedang dilakukan pengerjaan untuk paket I (kilometer 13 Balikpapan-Samboja Kutai Kartanegara) dan paket V (kilometer 13-Bandara Sepinggan Balikpapan) sehingga 2016 sudah dapat dimanfaatkan.

Selain itu, fasilitas lainnya yang ikut menunjang bagi kota modern yakni Convention Hall Samarinda yang ditarget pada April ini sudah selesai pengerjaannya sehingga sudah dapat dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

“Terpenting kesuksesan tahun kunjungan wisata ke Kaltim ini selain ketersediaan infrastruktur daerah juga tidak terlepas dari peran serta keterlibatan semua pihak (stakeholders) baik pemerintah maupun swasta termasuk masyarakat,” ungkap awang Faroek Ishak.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltium HM Aswin mengakui kunjungan wisatawan ke Kaltim dari tahun ke tahun telah terjadi peningkatan yang signifikan mencapai 11 persen.

“Peningkatan kunjungan wisatawan ke Kaltim cukup signifikan mencapai 11 persen pada 2013 ke 2014. Khusus wisatawan mancanegara mencapai 10 persen sementara  wisatawan dalam negeri meningkat dari 1,2 juta menjadi 1,4 juta orang,” ujar Aswin.

Namun demikian lanjut Aswin, data yang ditampilkan BPS berbeda dengan informasi pencatatan seat pesawat kedatangan di bandara. Masalahnya, kedatangan wisatawan mancanegara sedikit yang langsung ke  bandara di Kaltim tetapi melalui Jakarta, Surabaya bahkan Bali.

Malam Tembang Kenangan diisi dengan menyanyikan lagu-lagu lawas oleh para pejabat dan pembacaan puisi otonomi khusus oleh seniman Kaltim. Acara dihadiri Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi dan para asisten serta pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak memberi penjelasan kepada wartawan di sela-sela melakukan kunjungan untuk melihat langsung perkembangan pembangunan jalan tol.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation