Intip Canberra di National Capital Exhibition

ist

CANBERRA - Setelah sebelumnya bertemu Wakil Duta Besar RI untuk Australia, MI Derry Aman, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi didampingi istri, Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi dan rombongan, Kamis (17/10/2019) menyempatkan waktu untuk mengunjungi National Capital Exhibition (Pameran Ibu Kota Nasional) di Canberra.

Di lokasi ini, mereka mendapat banyak penjelasan tentang sejarah Australia dan proses hingga Canberra diputuskan menjadi ibu kota baru pada tahun 1913 menggantikan Melbourne. 

National Capital Exhibition menyajikan berbagai penjelasan berupa gambar, replika dan maket Canberra sebagai ibu kota Australia.

Canberra dilukiskan berada di antara Melbourne (ibu kota pertama) dan Sydney, kota terbesar di Australia. Kira-kira hampir 300 km menuju Sydney dan lebih dari 600 km menuju Melbourne.

Konsep Canberra sebagai ibu kota terbilang unik melalui kompetisi dunia. Arsitek muda Negeri Paman Sam, Walter Burley Griffin saat itu diputuskan sebagai pemenangnya. Dia pun dibantu sang istri tercinta, Marion Griffin yang juga seorang arsitek.

"Konsep Walter Griffin sebenarnya sangat sederhana, tapi dia mampu menyulap kawasan ini menjadi anggun dan megah. Walter Griffin membuat rancangan yang tidak banyak mengusik topografi alam Canberra yang berbukit dan berlembah. Tentu hal-hal yang baik dari sini bisa kita terapkan di Kaltim," kata Hadi didampingi 

Asisten Administrasi Umum Fathul Halim, Asisten Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim. Hari ini rombongan akan kembali ke Tanah Air. (sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait