IRT Berperan Membudayakan Gemar Membaca

IRT Berperan Membudayakan Gemar Membaca

 

SAMARINDA – Peranan ibu rumah tangga sangat penting dan strategis dalam upaya mencerdaskan kehidupan generasi penerus melalui peningkatan kegiatan serta budaya gemar dan minat  membaca bagi anak.

“Para ibu wajib  mencerdaskan anak-anaknya. Demikian pula anggota Dharma Wanita Persatuan yang terdiri dari para ibu dan istri apararut sipil negara (ASN) diharapkan dapat memotivasi anggota keluarga mereka agar membudayakan gemar membaca,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti pada Sosialisasi Peningkatan Gemar Membaca di Lingkungan DWP Kaltim, Rabu (13/5).

Keberadaan perpustakaan menurut Sulasmi, hendaknya dimanfaatkan para ibu untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan, sehingga dapat ditularkan kepada anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Perpustakaan sebagai pusat belajar sepanjang hayat (life long learning) telah disediakan pemerintah bagi masyarakat. Fasilitas ini hendaknya digunakan masyarakat tidak terkecuali para ibu rumah tangga datang berkunjung ke perpustakaan dan membudayakan gemar membaca. 

Apalagi lanjut dia, saat ini kemajuan teknologi informasi dinilai telah mampu mengubah pola pikir dan prilaku masyarakat. Utamanya, masyarakat sekarang ini lebih suka menonton daripada membaca.

“Padahal tontonan lebih pada hiburan bukan pendidikan. Karenanya, Pemprov Kaltim terus melakukan upaya promosi dan edukasi bagi masyarakat. Diantaranya sosialisasi bagi anggota DWP agar ikut berperan meningkatkan budaya gemar dan minat baca masyarakat,” ungkap Sri Sulasmi.

Sementara itu Ketua DWP Kaltim Hj Sonya Evelyn Husaini mengemukakan pihaknya sudah memiliki sudut baca yang berfungsi sebagai perpustakaan bagi anggota dan pengurus DWP untuk membaca.

“Kita sudah memiliki sudut baca dengan berbagai koleksi buku dan bermanfaat bagi anggota maupun pengurus DWP untuk meningkatkan pengetahuannya. Walaupun jumlah koleksi masih terbatas namun akan terus ditingkatkan jumlah koleksinya,” ujar Sonya Evelyn Husaini.

Sosialisasi peningkatan gemar membaca kerjasama DWP Kaltim dengan DWP Perpustakaan Kaltim, DWP RSUD AW Sjachranie Samarinda dan DWP Sekretariat DPRD Kaltim diikuti 250 anggota. (yans/sul/es/hmsprov).

 

////FOTO : Sri Sulasmi (kanan) menyerahkan cindera mata berupa buku kepada Ketua DWP Kaltim Hj Sonya Evelyn Husaini (kiri) pada sosialisasi gemar membaca. (masdiansyah/humasprov).

 

Berita Terkait
Government Public Relation