ISPU Aman, Tetap Hindari Aktivitas di Luar Rumah

Kondisi terdampak asap di Kota Samarinda (seno/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Masyarakat Kaltim, khususnya di Kota Samarinda dan sekitarnya diminta jangan terlalu khawatir akibat asap pekat saat ini.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim H Suyitno mengatakan hasil pemantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih dalam kondisi aman dengan indeks standart pencemaran udara (ISPU) antara 50-150 microgram. 

"Artinya masih katagori aman. Walaupun asap sudah mulai terlihat diudara terutama pada sore hari. Namun masyarakat, jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya menghindari aktivitas di luar rumah. Kalau berkendaraan sebaiknya menggunakan masker," kata Suyitno, dikonfirmasi Tim Humasprov Kaltim di Samarinda, Minggu (15/9/2019).

Menurut dia, informasi BMKG kondisi tersebut dalam katagori sedang dan masih aman, walaupun sudah terlihat asap di udara.

Karena itu, diimbau kepada masyarakat terutama anak-anak jangan terlalu banyak beraktivitas di luar rumah. "Semoga kondisi ini cepat berlalu. Sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu," jelasnya.

Selain itu, kondisi air Sungai Mahakam, hingga Minggu (15/9/2019). Air asin atau air laut sudah masuk di wilayah Anggana Kutai Kartanegara dan Pulau Atas Samarinda. 

Karena itu, diimbau agar masyarakat melakukan penghematan penggunaan air, khususnya air PDAM.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait