Kalimantan Timur
Isran : ADPM Perjuangkan Hak Daerah Penghasil

Foto:heru/humaskaltim

BALI - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin diwakili Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif secara resmi melalui daring membuka Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) yang dilaksanakan di Meeting Room The Anvaya Hotel, Bali, Senin (21/12/2020).  

Dalam arahannya, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan ADPM merupakan mitra kerja pemerintah yang memberikan kontribusi besar dalam pembangunan nasional di sektor migas. Untuk itu, harus terus bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan program dan kegiatan ADPM.  

"Saya berharap konsep kemitraan ini akan menjadi semakin baik. Memberikan dampak langsung terhadap perkembangan migas nasional ke depan dan menjadikan iklim investasi semakin baik khususnya di sektor migas, serta yang paling utama adalah bagaimana dapat menYejahterakan masyarakat," kata Arifin Tasrif.  

Sementara Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor yang merupakan Ketua Umum ADPM periode 2015-2020 dalam sambutannya mengungkapkan dirinya menggantikan Ketua Umum sebelumnya yaitu Gubernur Kaltim periode 2008-2018 Awang Faroek Ishak. Untuk itu dirinya berharap kepengurusan baru hasil dari Munas IV ADPM benar-benar dapat memperjuangkan hak-hak daerah penghasil migas.  

"Hak-hak daerah bisa segera terwujudkan. Bukan hanya bagi hasil yang sudah tertuang dalam Undang Undang, tetapi juga bagaimana peran daerah dalam mengelola migas di wilayahnya bisa mendapatkan porsi lebih maksimal. Sehingga masyarakat di daerah benar-benar merasakan dampak dari hasil produksi migas," harap Isran.  

Hadir secara daring dan luring Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Sekjen DPD RI Rahman Hadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, serta bupati dan wali kota anggota ADPM.  

Tampak mendampingi Gubernur Kaltim, di antaranya Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Kepala Dinas ESDM Christianus Benny, Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati dan Kepala Biro Humas Setda Prov Kaltim HM Syafranuddin. (her/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait