Isran Bertekad Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Kaltim

Gubernur Kaltim H Isran Noor

SAMARINDA - Sesuai misi Kaltim selama kepemimpinan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama Wagub H Hadi Mulyadi, yaitu Berdaulat Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, Terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas. Maka menjadi tekad gubernur untuk berjuang meningkatkan kualitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kaltim.

"Jadi ke depan, SMK itu bukan lagi menerima siswa yang tidak lulus di Sekolah Menengah Atas (SMA). Semoga 2020 nanti kita bisa mulai mendesain program tersebut," kata Isran Noor ketika menerima kunjungan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Rabu (14/8/2019). 

Isran mengatakan Pemprov akan meningkatkan kapasitas guru SMK, memberikan fasilitas untuk meningkatkan kualitas kemampuan guru tersebut. Selain itu, laboratorium dan alat kerja akan dilengkapi. Sistemnya, bisa dilaksanakan dengan cara 70 persen melalui pelatihan dan 30 persen berupa ekstrakurikuler (ekskul). 

Isran mengatakan ekskul itu maksudnya bagaimana siswa aktif dengan tugasnya di sekolah. Misal, menjahit sepatu maupun pakaian.

"Mereka bisa melaksanakan teori selama setahun. Dua tahun berikutnya praktek. Setelah itu, hasil dari produk mereka bisa kita kirim ke luar negeri hingga ke Colombia," jelasnya.

Begitu juga guru di SMK, kedepan ditingkatkan kualitas penguasaan bahasanya. Dengan mengikuti pelatihan ke negara Eropa hingga ke Timur Tengah. 

Pemprov berharap guru SMK bisa menguasai bahasa asing mulai Spanyol, Inggris, China dan Arab. 

"Guru-guru SMK diharapkan bisa dikirim ke negara-negara tersebut selama setahun, sehingga mampu menguasai bahasa asing. Dengan begitu, 10 tahun akan datang sumber daya manusia SMK di Kaltim semakin unggul dan komunikasinya pun dengan bahasa asing," jelasnya.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation