Kalimantan Timur
Isran: Bukan Kebetulan Kaltim Jadi Pusat Ikapakarti

Foto :(RYAN/ADPIMPROV KALTIM)

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor resmi melantik Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kalimantan Timur Periode 2021-2026, di Kolam Ulin Arya Samarinda, Sabtu (25/9/2021). 

 

DPP Ikapakarti Kaltim 2021-2026 di nahkodai Dr H Rusmadi Wongso sebagai Ketua Umum dan Muhammad Samsun sebagai Sekretaris Umum. Ini merupakan hasil keputusan dari Musyawarah Besar (Mubes) IV DPP Ikapakarti Kaltim pada Juli 2021 lalu. 

 

Gubernur Isran Noor selaku Dewan Pelindung DPP Ikapakarti Kaltim mengungkapkan ini adalah sebuah gambaran, bukan sebuah kebetulan bahwa Kaltim, jadi Dewan Pimpinan Pusat Ikapakarti sejak 2007 lalu, sebagai awal berdirinya organisasi masyarakat keluarga Tanah Jawi. 

 

"Padahal pusat itu adanya di Jakarta, bukan di Samarinda. Dan akhirnya Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) baru Indonesia. Jadi bagi manusia ini mungkin sebuah kebetulan, tetapi ini by design dari Allah Subhanahu Wata'ala. Dan memang saat ini indeks pembangunan manusia (IPM) berada di peringkat tiga setelah DI Yogyakarta dan DKI Jakarta. Demikian pula untuk angka harapan hidup  74,26 tahun, nomor dua setelah DI Yogyakarta. Semoga melalui paguyuban-paguyuban yang ada di Kaltim, turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Isran. 

 

Kepada jajaran pengurus DPP Ikapakarti Kaltim serta paguyuban kedaerahan lainnya,  Isran Noor berharap agar warga paguyuban dapat terus menjaga kerukunan antar warganya. Paguyuban, lanjut dia, sebagai mitra strategis pemerintah dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Kaltim. 

 

"Semoga pelantikan pengurus ini bermanfaat terutama kepada anggotanya dan lingkungan sekitarnya. Itu tujuannya, bahwa paguyuban adalah merekatkan silaturahim semua keluarga tanah Jawi yang ada di Kaltim. Semoga ini semakin merekatkan paguyuban-paguyuban yang ada di Kaltim, seperti warga Sulawesi Selatan, warga Banjar, warga Batak, NTT, Bali dan lainnya. Mari kita jaga Kaltim sebagai sebuah provinsi yang kondusif," pesannya. 

 

Pada acara yang dihadiri secara daring dan luring oleh Dewan Pelindung DPP Ikapakarti Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan Wali Kota Samarinda Andi Harun ini, Gubernur Isran Noor juga didaulat untuk menyerahkan bantuan kepada pedagang kaki lima yang merupakan warga Ikapakarti. Acara juga dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit dengan lakon "Wahyu Sandang Pangan" yang dibawakan dalang Ki Budi Asmoro. (her/sul/adpimprov kaltim)

 

Foto: Riyandi

Berita Terkait