Isran Harap Infrastruktur Dibangun Secara Berkeadilan

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menegaskan agar pemerintah pusat membangun infrastruktur di negara ini secara berkeadilan. Artinya, pembangunan infrastruktur harus merata, terutama bagi daerah penghasil sumber daya alam (SDA) yang merupakan penyumbang devisa negara terbesar.

Karena, tujuan pembangunan infrastruktur secara merata adalah untuk memudahkan pelaksanaan dalam mendukung sektor investasi dan pertumbuhan ekonomi negara.

"Jika pemerintah pusat secara merata membangun itu semua, mulai dari Kalimantan, Sulawesi hingga ke Sumatera. Tentu akan memudahkan investasi yang dibangun pemerintah daerah. Karena itu, wajib hukumnya infrastruktur dibangun secara berkeadilan oleh pusat," kata Isran Noor di Balikpapan ketika membuka pertemuan dengar pendapat roadmap Kelapa Sawit Nasional (Wilayah 3) di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Selasa (25/6/2019).

Isran mengatakan pembangunan yang merata dan berkeadilan, maka percepatan dan pertumbuhan investasi akan semakin cepat  pula terjadi di negara ini.

Sebab pemerintah membangun sebuah jalan. Maka sarana tersebut dimanfaatkan untuk aksesibilitas apa saja termasuk komoditi perkebunan, sehingga daya tarik untuk investasi, tentu hal itu akan berimbas positif bagi masyarakat.

"Hal ini saya sampaikan, agar sektor sumber daya terbarukan dapat berkembangan dengan baik. Contohnya perkebunan kelapa sawit. Karena, melalui pembangunan tersebut dampaknya sangat besar bagi masyarakat, mulai tenaga kerja, lingkungan, nilai tambah ekonomi hingga industrilisadi sumber daya yang terbarukan," jelasnya.

Gubernur sangat berharap pusat tetap memfokuskan pembangunan infrastruktur, dan tidak menghilangkan program tersebut. Karena, masih banyak daerah yang memerlukan infrastruktur untuk keperluan masyarakat. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait