Kalimantan Timur
Isran : Ingatkan ASN Tak Terlibat Politik Praktis

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Walaupun pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada)  serentak baru akan digelar Desember mendatang, Gubernur Kaltim H Isran Noor mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap netral.

 

"Menyongsong pilkada serentak Desember mendatang, kami harapkan ASN, baik  lingkup Pemprov Kaltim maupun kabupaten/kota, saya minta  untuk tetap netral," kata Isran Noor, belum lama ini.

 

Isran Noor menegaskan netralitas menjadi sesuatu yang mutlak bagi ASN  dalam pilkada serentak mendatang. Setiap ASN harus menggunakan hak pilih,  namun ASN juga harus netral dan tidak terlibat dengan politik praktis.   

 

"Netralitas ASN  sangat diharapkan, karena keterlibatan dalam politik praktis bertentangan dengan peraturan perundang-undangan  dan disiplin pegawai. Pelaksanaan pesta demokrasi  tidak boleh diciderai dengan praktek menyimpang. ASN harus tetap bertindak netral," tegas Isran.

 

Ditambahkan, kebersamaan dan sifat toleransi serta netralitas ASN yang selama ini sudah terjalin dan terbangun dengan  baik, hendaknya terus dijaga,  bahkan ditingkatkan menjelang pilkada serentak yang tinggal beberapa bulan lagi. 


Perbedaan pendapat dan pilihan,  tidak boleh membuat ASN  mudah berselisih paham.

 

"Kita sudah berhasil membangun semangat kebersamaan dan toleransi yang baik. Oleh karena itu dalam menyongsong Pilkada serentak, kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan," ujarnya.

 

Selain itu, lanjut  Isran hidup berdemokrasi adalah bagaimana masing-masing pihak saling menghargai perbedaan pendapat dan pandangan untuk membangun kebersamaan.

 

"Bukan sebaliknya menjadikan perbedaan itu dasar perselisihan dan pertengkaran. Kita  harus tetap menjalin silaturahmi. Jangan mudah terpancing isu-isu yang yang tidak bertanggung jawab," pesan Isran Noor. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait