Isran : Kembangkan Gugus Depan Pramuka

Gubernur Isran Noor menyematkan tanda penghargaan Lencana Panca Warsa. (seno/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Gerakan Pramuka di masing-masing kwartir baik daerah maupun cabang harus terus memacu pengembangan gugus depan (Gudep) di semua jenjang pendidikan. Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Kaltim Tahun 2019 di Aula Satya Dharma Gedung Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kaltim, Selasa (15/1/2019).

Menurut dia, selama ini kegiatan kepanduan atau Gerakan Pramuka sangat berkontribusi dalam membentuk karakter dan mental generasi bangsa. "Gerakan Pramuka ini mampu mencetak generasi yang memiliki mental tangguh dan berkarakter, mandiri dan berakhlak sejak usia dini," katanya.

Gudep merupakan kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka sekaligus merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka sebagai peserta didik maupun pembina Pramuka. Isran mengungkapkan Gudep merupakan ujung tombak Gerakan Pramuka, karena kepramukaan sebagai proses pendidikan progresif yang diselenggarakan dalam satuan-satuan pramuka di sekolah hingga perguruan tinggi.

Keberadaan Gudep lanjutnya, penting untuk memudahkan pengelolaan dan penyelenggaraan kepramukaan dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka.  

Karenanya, keberadaan Gudep di sekolah-sekolah dari jenjang pendidikan sekolah dasar, lanjutan pertama dan atas hingga perguruan tinggi sangat diperlukan guna membentuk karakter. "Untuk lebih meningkatkan peran Pramuka dalam membentuk karakter generasi bangsa maka Gerakan Pramuka harus terus mengembangkan gugus depan," harap Isran.

Hadir Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Jana Anggadiredja dan Ketua Kwarda Kaltim HM Hatta Zainal, jajaran Mabida dan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim.

Gubernur Isran Noor selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kaltim berkenan menyematkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka Anggota Dewasa berupa Lencana Panca Warsa kepada 10 orang.

Diantara penerima tanda penghargaan terdapat Gubernur Isran Noor (Ketua Mabida) Gerakan Pramuka Kaltim, Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana dan Asisten Administrasi Umum H Bere Ali serta Kepala Dispora Syirajudin. Rakerda dilaksanakan selama tiga hari (14-16 Januari) diikuti 176 peserta dari pengurus dan anggota Kwarda Gerakan Pramuka kabupaten dan kota se-Kaltim.(yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait