Isran: Listrik untuk Rakyat

Gubernur Kaltim H Isran Noor di rumah warga yang dipasangkan listriknya.

BATUAH - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor secara resmi mencanangkan 50.000 sambungan listrik rumah tangga (LRT) belum berlistrik PLN di Dusun Tani Bahagia Desa Batuah Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (27/10).

 

"Minimal 50 ribu, kalau bisa 100 ribu yang tersambung dan gratis," kata Isran Noor.

 

Menurut Isran Noor, penyambungan listrik bagi rakyat merupakan kolaborasi pemerintah (Pemprov Kaltim dan PT PLN) dengan swasta/pengusaha (perusahaan tambang batubara) yang sangat sinergis.

 

Sinergi ini lanjutnya, sangat membantu masyarakat. Sebab, listrik salah satu kebutuhan dasar masyarakat dan bisa diwujudkan melalui kerjasama lintas sektor melibatkan pihak perusahaan.

 

Masyarakat sesuai aturan dan undang-undang, jelasnya wajib menikmati hasil kekayaan sumber daya alam di sekitar mereka.

 

"Disinilah kebahagian saya ini, kalau selama ini perusahaan batubara berusaha dengan kondisi harga turun. Namun tetap peduli ke rakyat dengan CSR nya," ungkap Isran Noor.

 

Mantan Bupati Kutai Timur ini sangat berharap dan terus mendorong perusahaan-perusahaan melalui dana CSR nya melakukan kegiatan dan program untuk masyarakat Kaltim.

 

"Tidak apa-apa untuk awal ini pengusaha pertambangan (batubara). Nanti, perusahaan-perusahaan sektor lainnya juga CSR nya untuk program kerakyatan," tegas Isran Noor.

 

Sementara Plt Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim H Frediansyah mengungkapkan Desa Batuah menjadi titik nol mengawali program 50.000 sambungan listrik rumah tangga belum berlistrik PLN.

 

"Ada tiga desa disekitar sini untuk awal program. Yakni, Desa Batuah dengan jumlah penerima 64 rumah tangga, Desa Loa Duri Ulu 46 rumah tangga dan Desa Bakungan 29 rumah tangga," 

 

Ditambahkannya, untuk program awal per rumah tangga kapasitas daya listrik yang terpasang 900 Watts sistem voucher. Terutama warga di tiga desa dan Desa Batuah sebagai titik nol pelaksanaan program.

 

Pencanangan ditandai penekanan sirine oleh Gubernur Isran Noor didampingi Plt Bupati Kutai Kartanegara H Hairil Anwar, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kaltimra Sigit Witjaksono. pimpinan PT Kutai Energi Suwadi Marasambesi dan Plt Kepala Dinas ESDM Kaltim H Frediansyah.

 

Dilanjutkan, penandatanganan MOU antara Kepala Dinas ESDM Frediansyah dengan General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kaltimra Sigit Witjaksono disaksikan Gubernur Isran Noor dan Plt Bupati Hairil Anwar.

 

Berikut penyerahan cinderamata baju yang dijahit warga dan penyerahan hasil produksi BUMDes Desa Batuah hasil panen dari petani yang dikelola sawah pasca tambang.

 

Berakhir peresmian program listrik gratis dari program CSR PT Karya Putra Borneo dengan membuka tarub dilanjutkan dengan menyalakan meteran listrik oleh Gubernur Isran Noor.

 

Hadir jajaran Forkopimda Kutai Kartanegara, pimpinan perusahaan, Kepala Bappeda Kaltim HM Aswin, pejabat Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutai Kartanegara serta Kades Batuah Abdul Rasyid.(yans/sdn/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait