Isran Mau Runway Melalan Diperpanjang

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor

SENDAWAR - Saat hendak bertolak ke Balikpapan melalui Bandara Melalan Sendawar, Kutai Barat, Gubernur Isran Noor sempat berbincang singkat dengan Bupati Kutai Barat FX Yapan.

Panjang runway bandara ini ditanyakan gubernur. Gubernur mau runway bandara ini diperpanjang agar pesawat berkapasitas penumpang lebih besar bisa mendarat mulus, sehingga makin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan fasilitas bandara ini. Para investor pun akan lebih nyaman datang ke Kutai Barat.

Panjang landasan Bandara Melalan saat ini 1.200 meter. Menurut Yapan, perpanjangan landasan ke sisi kiri tidak mungkin dilakukan karena berbatasan dengan dua jalur jalan umum, sementara di sisi kanan menghadap jurang. “Seberapa dalam jurangnya,” tanya Gubernur Isran. Bupati Yapan pun membalas, ”Dalam pak.” 

Diperkirakan kedalaman jurang di sisi kanan antara 20 hingga 40 meter. Jika pekerjaan jurang ini nanti bisa diatasi, maka landasan pacu Bandara Melalan bisa diperpanjang hingga 1.600 meter. Tahun 2020 direncanakan sudah akan ada pekerjaan untuk perpanjangan bandara ini. “Minimal pesawat ATR 72 bisa mendarat di sini nanti,” harap Isran.

Sebelum terbang, Gubernur Isran juga sempat berbincang dengan para calon penumpang yang memanfaatkan jasa bandara tersebut. (sul/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait