Isran Minta Masyarakat Hindari Kerumunan

Foto : Dok.Humas

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kerumunan-kerumunan atau kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak ditengah masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda negara-negara di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia, khususnya Kalimantan Timur.  

 

“Mengimbau seluruh komponen atau komunitas-komunitas masyarakat untuk sementara waktu menyetop atau menunda kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti kegiatan majelis taklim maupun kegiatan ibadah lainnya. Ini demi memutus rantai penyebaran Covid-19,” imbau Isran Noor di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (24/3/2020).

 

Kenapa ini dilakukan, jelas Isran, karena jika dalam kegiatan yang dilakukan ada yang sempat tertular nanti masa carrier (pembawa) yang sebelumnya sudah habis, maka yang baru pindah ini akan mengalami masa baru lagi (15 hari). Sehingga ini harus diputus secara bersama-sama. 

 

“Alhamdulillah masyarakat di Kaltim sudah menyadari itu. Karena tanpa peran serta masyarakat, kita tidak bisa menyetop atau memutus rantai penyebaran virus corona ini,” ucapnya.

 

Gubernur Isran Noor juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, baik Kementerian Kesehatan, instansi vertikal, TNI dan Polri yang telah mendukung kerja sama dalam melawan Covid-19 di Kalimantan Timur. 

 

“Dan lebih daripada itu juga kepada perusahaan-perusahaan di  Kaltim, banyak yang sudah membantu. Seperti Pupuk Kaltim yang memberikan sokongan makan kepada rumah sakit di Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Jadi mereka telah mendukung bagaimana para pekerja kesehatan mampu merawat pasien-pasien Covid-19,” ungkapnya.

 

Demikian halnya, perusahaan-perusahaan lain seperti PT Gunung Bayan yang memberikan bantuan dalam bentuk dana kurang lebih Rp1 miliar. Kemudian, organisasi profesi maupun komunitas yang telah membagi-bagikan masker, hand sanitizer bahkan APD untuk Kalimantan Timur.  

 

“Luar biasa memang. Terima kasih banyak kepada mereka yang sangat peduli membantu masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Semoga ini segera berakhir dan kita semua bisa beraktifitas seperti biasa,” harap Isran. (her/yàns/humasprovkaltim)

Berita Terkait