Isran Noor Pimpin IKA Unmul

SAMARINDA - Mantan Bupati Kutai Timur Dr H Isran Noor resmi memimpin Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mulawarman (IKA Unmul) periode 2016-2020 setelah dikukuhkan Rektor Unmul Prof Masjaya di Ruang Olah Bebaya Pendopo Lamin Etam, Senin (29/2).

Setelah dikukuhkan diharapkan IKA Unmul dapat proaktif berkiprah dalam penyelenggaraan proses pembangunan daerah serta mampu mengangkat harkat dan martabat Kampus Universitas Mulawarman.

“Bukan selama ini tidak mengangkat harkat dan martabat, tetapi diharapkan ke depan Unmul mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, serta mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah,” kata Plh Sekprov Kaltim Dr Meiliana yang juga menjadi Ketua Harian IKA Unmul usai pengukuhan IKA Unmul .

Selain itu, IKA Unmul juga diharapkan dapat berkontribusi besar kepada pemerintah daerah. Misal, membuat kajian maupun penelitian. Hasil tersebut dapat mendukung pemerintah, sehingga pemerintah dapat membuat kebijakan yang baik dalam penyelengaraan pemerintahaan dan pembangunan daerah.

Meski banyak berbagai pembangunan yang telah dilakukan, tetapi masih ada yang belum terselesaikan. Bahkan, orang luar Kaltim selalu menyebut Bumi Etam adalah provinsi kaya. Karena memiliki sumber daya alam (SDA) melimpah, termasuk kaya akan keanekaragaman budaya.

“Potensi itu memang tidak salah, tetapi kita jangan sampai terlena dengan pujian tersebut. Karena itu, ke depan perlu perubahan pola pikir masyarakat sehingga potensi yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan baik demi kesejahteraan rakyat. Mendukung pemahaman tersebut kepada masyarakat, perlu adanya dukungan berbagai pihak, terutama IKA Unmul dalam memberikan masukan pemikiran sehingga pemerintah daerah dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Rektor Unmul Masjaya mengatakan potensi percepatan pengembangan Kampus Unmul perlu adanya peran serta dukungan dari IKA Unmul yang tersebar di seluruh Indonesia. Menurut dia, 40.000 lebih alumni yang terdata di Unmul adalah aset dan potensi yang sangat luar biasa, sehingga inventarisasi data alumni sangat diperlukan.

Ketua Umum IKA Unmul Isran Noor menyatakan pengurus Alumni Unmul ke depan lebih fokus kepada perkembangan pembangunan Kampus Unmul. Artinya, bagaimana mendukung martabat kampus, sehingga lebih dikenal secara nasional.

“Kita berharap Unmul mampu menciptakan SDM yang andal. Karena, ke depan kita harus mampu menjadikan Unmul sebagai agen pembangunan SDM berkualitas di daerah maupun di Indonesia,” tegasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait