Isran : Peran KKSS Harus Ditingkatkan Dalam Pembangunan

Gubernur H Isran Noor disambut warga KKSS. (umar/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Proses pembangunan, baik fisik maupun non fisik tidak mungkin berhasil tanpa dukungan masyarakat.  Selalu diperlukan partisipasi masyarakat, termasuk melalui peran aktif seluruh elemen organisasi masyarakat.

Demikian ditegaskan Gubernur Kaltim H Isran saat menghadiri Peringatan Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H dan Muhasabah 2018 yang dilaksanakan Badan Pengurus Wilayah  Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BWK KKSS) Kaltim yang gelar di Gedung Graha Mulya Samarinda Seberang,  Minggu (30/12/2018). "KKSS merupakan salah satu paguyuban terbesar di Kaltim, maka dari itu partisipasi dan kontribusi positif sangat diperlukan dalam pembangunan," tegas Isran Noor.

Diakuinya, orang-orang Bugis dikenal ulet. Bahkan kepengurusan KKSS pun sampai ke luar negeri. Semboyan yang dikenal adalah 5 P yaitu si Pakatuo (saling menghidupi), si Patokkong (saling membangun), si Pakkatau (saling memanusiakan satu sama yang lain), si Pakkalebbi (saling menghargai) dan si Paringgerang (saling mengingatkan). "Motto tersebut membuat  orang Bugis bersemangat  dan ulet sehingga mudah berkembang  dengan baik dimanapun dia berada," ujarnya.

Gubernur menyadari bahwa masih banyak harapan masyarakat yang belum bisa terpenuhi akibat berbagai keterbatasan pemerintah. Maka dari itu ormas, OKP, paguyuban sangat diharapkan dapat bersama pemerintah bergandengan tangan dan bersinergi untuk meminimalisir kesenjangan dan memenuhi berbagai harapan masyarakat.

Selain itu, seluruh ormas, OKP dan paguyuban harus bisa menjadi pelindung dan penyejuk masyarakat, sekaligus menjaga  kondusifitas daerah.

Hal itu, kata Isran  bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat beserta organisasi kemasyarakatan agar mampu bersaing dalam menghadapi persaingan di era globalisasi dan pasar bebas yang kini tengah berlangsung. ”Dengan  kontribusi yang positif dari KKSS,  kita optimis bisa menata hari esok yang lebih baik dengan dukungan dari semua pihak tidak terkecuali  partisipasi KKSS Provinsi Kaltim dalam berbagai program pembangunan," papar Isran Noor.

Sementara Ketua Umum BPW KKSS Kaltim H Andi Sofyan Hasdam mengatakan  peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan kecintaan umat muslim kepada Nabi Besar Muhammad SAW. "Selain itu,  juga  mempererat hubungan silaturahmi  antar pengurus KKSS Kaltim," kata Sofyan Hasdam.

Acara juga dihadiri Ketua Umum BPP KKSS HM Sattar Saba,  Ketua Umum BPW KKSS Kaltim H Andi Sofyan Hasdam beserta Istri Hj  Neni Moerniaeni, jajaran dan pengurus KKSS Kaltim, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Kaltim, tokoh masyarakat dan agama Samarinda Seberang. Acara juga diisi ceramah oleh Ustad Dr M Agus. (mar/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation