Isran Pimpin Pengerukan SKM, Gandeng TNI, Siapkan Dana Rp21,9 Miliar


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H  Isran Noor memimpin pelaksanaan proyek normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM), Senin (15/7/2019). Proyek normalisasi dimulai dari Gang Nibung Jalan dr Soetomo Samarinda.

Gubernur berterima kasih dan sangat  mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap program normalisasi Sungai Karang Mumus ini. "Terima kasih dan apresiasi saya kepada semua pihak serta masyarakat yang mendukung program normalisasi ini. Setiap program pasti ada masalah, tapi mari pelan-pelan kita selesaikan secara bersama-sama," kata Isran di depan warga Gang Nibung dan sekitarnya.

Menurut Isran, kegiatan ini hanya sebagian kecil dari seluruh persoalan SKM yang harus dituntaskan. Panjang SKM  yang akan dinormalisasi  tidak kurang 8,5 km dari muara di selatan hingga Waduk Benanga di utara.

Untuk program ini Pemprov Kaltim bekerjasama dengan Kodam VI Mulawarman melalui perjanjian  kerja sama antara Dinas PUPR dan Pera dengan Korem 091/ASN. Anggaran disiapkan mencapai Rp21,9 miliar hingga akhir Desember tahun ini.

"Banjir ini sudah jadi darurat bencana. Karena itu kita gandeng TNI. KPK juga sudah kasih izin, kalau tidak, saya juga ora berani," lanjut Isran setengah bercanda.

Peresmian program normalisasi juga ditandai penekanan sirene secara bersama antara Gubernur Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang.(sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait