Isran Terima 40 Ulama Unida Gontor

Gubernur Isran Noor dan Rektor Unida Gontor bersama para kader ulama Kaltim. (rian/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor resmi menerima peserta program Pendidikan Kaderisasi Ulama (PKU) Angkatan ke-3 2019 dari Universitas Darussalam Gontor (Unida Gontor) ke Pemprov Kaltim di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (29/1/2019). Penyerahan ditandai dengan penyerahan laporan dari Rektor Unida Gontor H Amal Fathullah Zarkasyi kepada Gubernur Kaltim Isran Noor.

Isran berpesan agar seluruh ulama dapat menjaga kualitas aqidah umat muslim di Kaltim dengan cara terus menjalankan tugas keulamaan di daerah ini. "Karena itu, para ulama yang baru diterima Kaltim dapat terus belajar bagaimana pemahaman tentang seluruh ajaran agama yang dipahami masyarakat Indonesia. Artinya, mereka yang sudah lulus dari pengkaderan bukan lagi kader, tetapi sudah menjadi ulama," kata Isran Noor.

Sebagai ulama diharapkan dapat bekerja dengan baik bersama umaro (pemimpin) dan ulama yang telah lama berdaqwah lebih dulu. Keberadaan ulama diharapkan dapat menjaga, menyelesaikan masalah keimanan dan keislaman masyarakat dengan baik.

"Karena, jika tidak dijaga dengan baik, maka akan terjadi perbedaan pandangan atau merasa benar sendiri. Sehingga diperlukan pendalaman, pemahaman terhadap pengetahuan tentang ajaran keislaman dan keagamaan oleh para ulama-ulama muda," jelasnya.    

Selain itu, Gubernur Isran Noor menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerja sama yang dilakukan dengan Unida Gontor selama ini. Isran mengatakan Kaltim memiliki kelas tersendiri dalam program ini yang mengirim 40 orang setiap angkatan. "Semoga ulama yang telah mengikuti pendidikan tersebut bisa mengamalkan ilmu yang diterima dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Tampak hadir, Kepala Biro Umum Setprov Kaltim HS Adiyat, Kepala Biro Kesra Setprov Kaltim H Elto dan Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait