ITK Bermitra dengan Unmul dan Sejumlah Perguruan Tinggi

ITK Bermitra dengan  Unmul dan Sejumlah Perguruan Tinggi

 

SAMARINDA – Guna mengatasi keterbatasan tenaga pendidikan termasuk laboratorium, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan bermitra dengan  Universitas Mulawarman (Unmul), Politeknik Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Pertanian serta Politeknik Pelayaran.

Masing-masing untuk program studi (Prodi), teknik mesin, teknik sipil dan teknik elektro. Untuk tenaga kependidikan, tenaga pengajar dan laboratorium bermitra dengan Politeknik Balikpapan (Poltekba). Prodi fisika, kimia dan matematika serta teknik informatika maka ITK Balikpapan bermitra dengan Universitas Mulawarman  Samarinda. Karena, perguruan tinggi negeri tertua dan terbesar di Kaltim ini memiliki fasilitas dan dosen yang cukup dan berstandar.

“Dosen dan laboratorium Unmul sangat  memadai, sehingga ITK bermitra dengan perguruan tinggi ini,” ujar staf ahli Gubernur Kaltim bidang Pendidikan dan Kebudayaan Dr H Sigit Muryono usai pertemuan koordinasi ITK dengan perguruan tinggi mitra, pekan lalu. 

Selain itu, prodi teknik perkapalan, perencanaan wilayah dan kota, tehnika serta metalogi dan material bekerjasama dengan Politeknik Negeri Samarinda yang juga terdapat Politeknik Pelayaran serta Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Secara keseluruhan prodi yang dilaksanakan ITK Balikpapan pada awal 2015 yakni teknik mesin, elektro, kimia, sipil dan perkapalan, fisika, matematika, teknik perencanaan wilayah dan kota, teknik informatika serta teknik metalogi dan material.

“Berarti untuk memenuhi pelaksanaan sepuluh prodi tersebut maka pihak ITK Balikpapan akan melakukan kerjasama dengan tiga kelompok besar perguruan tinggi di daerah yakni Unmul Samarinda, Poltekba serta Polteknes Samarinda,” jelasnya.

Menurut Sigit, pasca groundbreaking ITK Balikpapan pada 15 September yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, maka pihak ITS yang diperbantukan di ITK khususnya bidang fisik akan melakukan percepatan penyelesaian pembangunan fisik.

Sehingga ditargetkan pada awal tahun ajaran baru pada 2015-2016 pihak ITK Balikpapan sudah siap menerima mahasiswa baru. Ditambahkan, ITK telah menerima mahasiswa sejak 2012 sebanyak 100 orang dari masyarakat Kaltim dan diberikan beasiswa Kaltim Cemerlang. Namun tahun 2013 dan 2014 masing-masing menerima 100 mahasiswa terbagi atas 70 warga Kaltim dan memperoleh beasiswa sementara sisanya sebanyak 30 mahasiswa merupakan hasil seleksi nasional. (yans/sul/es/hmsprov).

////FOTO : H Sigit Muryono

Berita Terkait
Government Public Relation