ITK dan ISBI Samgat Strategis

BALIKPAPAN- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) H Muhammad Nuh memberikan apresiasi tinggi atas komitmen Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak untuk membangun dunia pendidikan di daerah ini. Salah satu program yang mendapat apresiasi Menteri M Nuh tersebut adalah tekad kuat Gubernur untuk mendirikan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) di Tenggarong.
 “Memberikan kesempatan pendidikan bagi anak bangsa di negara ini adalah suatu yang sangat mulia. Karena itu, keberadaan ITK dan ISBI bagi masa depan anak bangsa di Kaltim tentu sangat baik dan sangat strategis,” puji M Nuh.
Sebab itulah, pemerintah memberikan dukungan penuh kepada Pemprov Kaltim untuk pembangunan ITK dan ISBI tersebut. Diharapkan, pembangunan tersebut dapat terealisasi dengan baik dan lancar.  
“Kami berharap pembangunan gedung ini terus berlanjut, karena ini merupakan kewajiban negara untuk mendukungnya, sehingga pendidikan di daerah khususnya Kaltim akan lebih maju dan berkembang dengan baik,” jelasnya.
Pujian juga diberikan untuk program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang diluncurkan rutin setiap tahun pada era kepemimpinan Gubernur Awang Faroek.
Menurut M Nuh, program beasiswa ini sudah tentu akan membantu pemerintah untuk meringankan biaya pendidikan para pelajar dan mahasiswa di Kaltim untuk terus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,  utamanya bagi mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu.
“Kami sangat berterima kasih dengan Pemprov Kaltim terutama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang telah menggagas ini, sehingga adik-adik kita di daerah mendapatkan kesempatan semakin luas untuk mendapatkan layanan pendidikan,” jelasnya.
 Penghargaan Musium Rekor Indonesia (Muri) tentang pemberian beasiswa terbanyak di Indonesia adalah bagian dari kerja keras yang dilakukan jajaran Pemprov Kaltim.
 “Tetapi itu bukan tujuan utama, sebab yang terpenting adalah bagaimana akses meraih pendidikan bagi generasi muda di daerah ini dapat lebih mudah,” katanya.
Melihat gagasan dan pemikiran tersebut, M Nuh menilai Gubernur Awang Faroek adalah orang yang sangat visioner dan memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan pendidikan.
“Saya sudah lama mengenal Pak Awang Faroek, jauh sebelum beliau menjadi  gubernur. Beliau memiliki komitmen tinggi untuk kemajuan pendidikan di daerahnya dan itu patut kita dukung,” jelasnya. (jay/hmsprov)

//Foto:  DIPUJI MENDIKBUD. Mendikbud H Muhammad Nuh (menunjuk) dan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada kunjungannya di lokasi pembangunan ITK. (jaya/humasprov kaltim).

 
 

Berita Terkait
Government Public Relation