ITK Siap Terima Mahasiswa Baru

SAMARINDA-Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Institute Teknologi Kalimantan (ITK) tahun ajaran 2013/2014 siap dibuka. Tahun ini, Pemprov akan memberikan kesempatan kepada 100 mahasiswa baru.   
“Kita bersyukur karena tahun ini Pemprov masih bisa melanjutkan  penyelenggaraan ITK (Institute Teknologi Kalimantan) bagi putra-putri Kaltim yang melaksanakan kuliah di Institute  Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru akan terus dilakukan melalui Dinas Pendidikan bersama Tim Pengelola ITK,” Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim H Sutarnyoto usai Rapat Koordinasi bersama Tim Pengelola ITK di Kantor Gubernur , Selasa (9/4).  
Walau tetap dilanjutkan, sambung dia, penyelenggaraan ITK memang masih ada beberapa catatan yang harus diselesaikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
Contohnya, tanah sebagai syarat untuk pembangunan gedung tersebut belum bisa dihibahkan kepada Kemendikbud. Pasalnya, proses hibah masih memerlukan dukungan  sejumlah pihak dalam penuntasannya.   
“Pada dasarnya Pemprov telah berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut. Tetapi, karena kendala dari tanah yang akan dibangun masih harus dibeli terlebih dulu. Setelah selesai, kemudian dibuat sertifikatnya menjadi atas nama Pemerintah Provinsi atau Pemerintah Kota Balikpapan. Selanjutnya baru dihibahkan kepada Kemendikbud, namun harus ada persetujuan DPRD Provinsi,” jelasnya.
Permasalahan ini diharapkan bisa diselesaikan tahun ini juga. Karena itu, diperlukan komitmen bersama semua pihak   meyakinkan Kemendikbud dan DPR  untuk mendukung pembangunan ITK di Km 13 Balikpapan yang satu lokasi dengan Pelabuhan Peti Kemas Kariangau.
Sesuai arahan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, maka Pemprov Kaltim tetap berkomitmen untuk bersungguh-sungguh menghibahkan tanah tersebut dan segera menyelesaikan permasalahan yang masih mengganjal.  
Di sisi lain, ITS sebagai institute yang untuk sementara menampung mahasiswa Kaltim dapat memahami proses ini. Karena itu, pendidikan bagi angkatan pertama untuk tahun ajaran 2012/2013 tetap dilaksanakan.
Sementara itu, Ketua Tim Pengelola ITK Prof Dr Sulistijono mengatakan sosialisasi untuk penerimaan mahasiswa baru ini akan dimulai pekan depan.  Informasi pendaftaran juga akan disampaikan melalui website milik ITS, yakni www.its.ac.id.
“Yang jelas pembukaan penerimaan mahasiswa baru akan dilakukan awal Mei ini. Kemudian, mengenai tes masuk ITK dilakukan pada awal Juni yang dilakukan di Balikpapan dan Samarinda. Sementara hasil tes akan disampaikan melalui website dan media baik cetak maupun elektronik pada akhir Juli. Diharapkan pada akhir Agustus perkuliahan angkatan kedua ITK sudah dapat dilaksanakan,” jelasnya. (jay/hmsprov)  

////Foto : H Sutarnyoto
 

Berita Terkait
Gerakan Pramuka Bentuk Kedisiplinan
Gerakan Pramuka Bentuk Kedisiplinan

06 September 2014 Jam 00:00:00
Pendidikan

Pemerintah dan PGRI Harus Bersinergi
Pemerintah dan PGRI Harus Bersinergi

22 November 2017 Jam 08:51:26
Pendidikan

ITK dan ISBI Samgat Strategis
ITK dan ISBI Samgat Strategis

12 Agustus 2013 Jam 00:00:00
Pendidikan

Government Public Relation