ITK Siapkan 13 Prodi, Gubernur : Upaya Ciptakan SDM Terampil dan Berdaya Saing

ITK Siapkan 13 Prodi, Gubernur : Upaya Ciptakan SDM Terampil dan Berdaya Saing

 

SAMARINDA - Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan telah menyiapkan 13 program studi (Prodi). Prodi itu terdiri Teknik Material dan Metalurgi, Teknik industri dan Teknik lingkungan. Prodi Informatika dan  Sistem Informasi, Matematika, Fisika dan Teknik Kimia.  Prodi perencanaan wilayah dan kota, Teknik Mesin, Teknik Elektro,  Teknik perkapalan dan Teknik Sipil.

 

Menurut Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak prodi-prodi itu guna menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang mampu menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja. Hal itu diungkapkan Gubernur saat melepas Kader Ulama dan Siswa Mengenal Nusantara di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Senin (24/7). "Melalui ITK kita siapkan lulusan yang bisa langsung terserap di pasar kerja. Karena mereka sudah menguasai teknologi," kata Awang.

 

ITK lanjutnya, mampu melahirkan ahli-ahli teknologi di berbagai bidang pembangunan. Perguruan tinggi itu diyakini Awang mampu mempercepat terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Kaltim akan menjadi daerah  berdaya saing sebab mampu menjawab pangsa pasar tenaga kerja baik di  regional Kalimantan, nasional bahkan internasional.

 

Apalagi  ujarnya, pembentukan ITK memang ditujukan agar tercipta sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang lebih terampil, lebih berkualitas dan lebih profesional. Sehingga nantinya mampu mengelola sumber daya alam (SDA) yang  cukup besar dan berlimpah. Ke depan, Awang Faroek berharap agar para lulusan ITK mampu mengabdikan dirinya untuk pembangunan dan kemajuan Kaltim dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kaltim.

 

Awang menambahkan bahwa lulusan ITK selain mampu mendukung percepatan pembangunan daerah diharapkan juga bisa terserap di intansi pemerintahan. "Lulusan ITK juga harus bisa memenuhi kebutuhan pasar kerja agar pembangunan dan pengelolaan SDA dapat dikelola secara baik, ramah lingkungan, lestari dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kaltim," harap Awang Faroek. (yans/sul/ humasprov)

Berita Terkait