Itty: BKOW Ikut Bangun Kaltim Lebih Berkarakter

*  Hari Ini Gelar Raker se-Kaltim

 

SAMARINDA–Pembangunan yang saat ini marak dilakukan pemerintah daerah perlu melibatkan seluruh komponen masyarakat Kaltim. Apalagi, pembangunan  meliputi seluruh aspek kehidupan.   Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) terpacu untuk berkontribusi dalam proses pembangunan di daerah.

"Pembangunan fisik yang dilaksanakan pemerintah saat ini tidak mengesampingkan pembangunan moral atau karakter. Karenanya, BKOW merasa perlu ikut terlibat di dalamnya,” ujar Ketua Umum BNKOW Kaltim Hj Itty Rukiah, Jumat (22/3).

Oleh sebab itu lanjutnya, dalam Rapat Kerja (Raker) BKOW masa bhakti 2009-2014 yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu-Minggu (23-24/3) mengambil tema Optimalisasi Organisasi Perempuan dalam rangka Membangun Kaltim yang Berkarakter.

Tema itu menurut Itty, menggambarkan keinginan BKOW sebagai organisasi kemasyarakatan yang bermitra dengan pemerintah, maka memiliki tanggungjawab serta kewajiban yang sama untuk terlibat dalam pembangunan karakter itu.

Pembangunan watak atau prilaku yang biasa disebut dengan karakter ini merupakan hal yang paling fundamental dalam mendukung kesuksesan pembangunan secara keseluruhan baik fisik, moral, mental maupun lainnya.

Atas  dasar pemikiran itulah maka BKOW secara keorganisasian akan merumuskan kedalam rencana kerja yang akan dilaksanakan dalam program kerja 2014. Sebab, pembangunan karakter sangat berkaitan dengan pembentukkan prilaku atau kepribadian warga masyarakat.

“Tidak dapat dipungkliri karakter atau prilaku masyarakat sangat berkaitan dengan kesuksesan pelaksanaan pembangunan yang telah ditetapkan pemerintah. BKOW sangat mendukung atas program pembangunan yang ditetapkan Gubernur Awang Faroek, terutama pembangunan karakter itu,” jelas Itty.

Ditambahkannya, selama ini peran kaum perempuan sudah mulai meliputi di segala bidang  dan sector pembangunan. Selain terlibat dalam kegiatan birokrasi (pemerintahan) juga dalam dunia politik serta akademisi sudah banyak perempuan ikut berperan didalamnya.

“Karenanya, melalui Raker ini nanti akan dirumuskan program-program organisasi yang berkaitan langsung dengan program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, sekaligus evaluasi terhadap kinerja organisasi dalam optimaliasasi dan memaksimalkan peningkatan kapasitas dan kualitas serta kompetensi anggota dalam masyarakat maupun pemerintahan,” harap Itty Rukiah.

Rapat kerja Badan Kerjasama Organisasi Wanita Provinsi Kaltim masa bhakti 2009-2014 akan diikuti seluruh pengurus Dewan Pimpinan Daerah  BKOW kabupaten dan kota se-Kaltim serta organisasi-organisasi waita yang tergabung dalam BKOW  dan 13 pengurus Gabungan Organisasi Wanita se-Kaltim. (yans/hmsprov)

Foto: Itty Rukiah

Berita Terkait