Jabar Mitra Kerja Pemprov Kaltim


 

SAMARINDA – Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah menjadi mitra lama bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim terkait pengembangan teknologi informasi.

Hal tersebut diakui Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim Tri Murti Rahayu saat menerima kunjungan jajaran Biro Humas, Protokol dan Umum Setdaprov Jabar di Ruang Rapat Daya Taka Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (20/10).

Menurut dia, selama ini banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Kaltim yang melakukan kunjungan sekaligus belajar untuk meningkatkan kinerja dan tata kelola organisasi.

“Jabar terus terang selalu menjadi mitra kami (Biro Humas dan Protokol) sejak lama terutama dalam pengembangan IT,” katanya.

Selain itu, beberapa SKPD juga melakukan kunjungan studi banding ke provinsi legenda Lutung Kasarung tersebut. Diantaranya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim untuk kegiatan e-Planning yang saat ini sudah diterapkan Pemprov Kaltim bahkan telah meraih prestasi terbaik di Indonesia.

Tri menjelaskan sesuai keinginan Gubernur Awang Faroek Ishak bahwa pada saat SKPD Pemprov Kaltim melakukan studi banding dan melihat kemajuan provinsi lain, maka sekembalinya ke daerah, mereka harus mampu mengembangkannya untuk peningkatan kinerja SKPD. 

“Meskipun beberapa hal Jabar sudah maju dan mampu menjadi daerah tujuan pembelajaran bagi SKPD lain dari berbagai provinsi. Namun kemitraan dan hubungan baik ini diharapkan terus terjalin serta saling bertukar informasi, sehingga mampu meningkatkan kinerja jajaran pemerintahan di masing-masing provinsi,” harap Tri.

Sementara itu Kasubbag Pemberitaan Biro Humas, Protokol dan Umum Setdaprov Jabar Anton Firmansyah menjelaskan kunjungan kerja ke Kaltim bertujuan mengetahui pengelolaan informasi publik di daerah melalui humas maupun PPID di Kominfo.

“Kita di Jabar belum ada PPID sehingga permintaan informasi selalu ke humas. Tapi kalau di Kaltim sudah bagus tata kelola informasi publik karena ada PPID juga pelayanan optimal dari Biro Humas dan Protokol Kaltim,” ujar Anton Firmansyah.

Dia menyebutkan kunjungan selain di Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim juga dilakukan ke Dinas Kominfo Kaltim untuk pembentukan struktur PPID induk di Jabar.

Rombongan humas Jabar berjumlah 9 orang dan diterima Kabag Kehumasan Setprov Kaltim H Imanuddin, Kasubbag Internal dan Eksternal Hj Sri Elly Hasni serta pejabat Dinas Kominfo Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation