Jabatan Diperpanjang, Meiliana Kawal Seleksi Terbuka Sekda dan Pilkada

Hj Meiliana bersama para wartawan saat konferensi pers, Kamis kemarin. (YUVITA/HUMASPROV)

SAMARINDA - Jabatan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim yang dipercayakan kepada Hj Meiliana akan diperpanjang. Pelantikan Meiliana sebagai Pj Sekdaprov Kaltim untuk waktu tiga bulan ke depan akan dilakukan Gubernur Awang Faroek Ishak, Jumat (22/6) hari ini. Penunjukan Meiliana sudah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Untuk kepercayaan ini, Meiliana akan menerima tugas berat, yakni  menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Gubernur Kaltim 2018-2023 dan mempersiapkan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim. Hal ini sesuai UU Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), PP Nomor 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13/2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

"Dua tugas penting sudah menunggu. Menyukseskan dua tugas berat, yaitu  mengantarkan sukses penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 27 Juni mendatang dan menyiapkan semua proses hingga terpilihnya Sekdaprov Kaltim yang baru melalui mekanisme lelang secara terbuka. Ini bersifat nasional. Semua boleh ikut seleksi asal memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan," kata Meiliana kepada wartawan di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (21/6).

Untuk seleksi terbuka JPT Madya Sekdaprov Kaltim, tahapan pendaftarannya akan dimulai sejak 26 Juni 2018.  Panitia Seleksi (Pansel) sudah siap melibatkan  pejabat Kementerian Dalam Negeri, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Lembaga Administrasi Negara (LAN),  Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan akademisi (Universitas Mulawarman).

Para peminat seleksi terbuka ini dapat melihat berbagai informasi terkait melalui alamat www.kaltimbkd.info.  Untuk pendaftaran, berkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop tertutup warna coklat dan disampaikan pada Panitia Seleksi Terbuka Pengisian JPT Madya Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim mulai 26 Juni-11 Juli 2018 pada jam kerja dengan alamat BKD Provinsi Kaltim Jalan M Yamin, No 1 Samarinda.

Adapun tahapan seleksi dimulai dari pengumuman seleksi 26 Juni 2018. Kemudian penerimaan berkas pendaftaran atau lamaran 26 Juni-5 Juli 2018. Seleksi Administrasi 6 Juli 2018. Pengumuman hasil seleksi administrasi 9 Juli 2018. Seleksi Kompetensi (Assement Center) 11-14 Juli 2018. Penulisan Makalah 17 Juli 2018. Pengumuman hasil penulisan makalah 20 Juli 2018. Seleksi wawancara 24 Juli 2018. Pengumuman hasil seleksi wawancara 25 Juli 2018 dan pengumuman hasil seleksi 26 Juli 2018.

"Pegawai dari seluruh Indonesia bisa ikut seleksi terbuka ini asal memenuhi syarat yang telah ditentukan. Namun saya berharap putra-putra daerahlah yang nanti terpilih untuk mengisi jabatan Sekdaprov Kaltim," jelasnya.

Meiliana sengaja bergerak cepat untuk mengumumkan informasi ini agar para calon pelamar bisa segera menyiapkan berbagai kelengkapan yang dipersyaratkan. Setiap perkembangan seleksi terbuka ini diharapkan bisa dipantau melalui website www.kaltimprov.go.id dan www.kaltimbkd.info. 

"Informasi ini lebih cepat lebih bagus disebarkan, sehingga peserta tidak buru-buru dalam menyampaikan berkas permohonan lamaran. Karena ada syarat-syarat yang tentu harus dilengkapi. Salah satu syaratnya sudah lulus Diklatpim Tk II, diutamakan Diklatpim Tk I," tegas Meiliana. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait