Jaga Pola Makan Saat Berpuasa

SAMARINDA - Sejumlah penyakit yang muncul saat Ramadan sebagian besar terjadi disebabkan karena masyarakat tidak memperhatikan pola makan. Sejumlah penyakit tersebut diantaranya gangguan  saluran pernapasan, diare dan diabetes serta sejumlah penyakit lain.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Rini Retno Sukesih di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (13/6) mengatakan sejumlah penyakit tersebut kerap diderita warga saat bulan puasa. Penyebabnya adalah pola makan yang berubah, kurang tidur dan musim yang tidak menentu.

"Pola makan bagi orang yang menjalankan ibadah puasa biasanya cenderung berlebihan dan tidak terkontrol," sebut Rini.

Rini mengimbau masyarakat agar mengonsumsi makanan secara wajar dan tidak berlebihan serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta istirahat yang cukup.

"Konsumsilah makanan yang bergizi selama bulan puasa dengan tidak berlebihan. Atur pola makan selama bulan puasa," tambahnya.

Rini menganjurkan agar masyarakat menghindari konsumsi minuman yang bisa membuat dehidrasi seperti kopi dan soda serta menghindari makanan yang digoreng dan terlalu pedas selama bulan puasa karena memicu masalah kesehatan serius.

"Saya sarankan agar mengonsumsi  makanan yang diolah dengan direbus atau dipanggang. Perbanyak makanan berprotein dan kuranngi porsi karbohidrat selama puasa," katanya. (rus/sul/es/humasprov)

Berita Terkait