Jaga Suasana Kondusif Kaltim

Tingkatkan Koordinasi dan Komunikasi

                                

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengatakan Iklim kondusif di Kaltim menjadi keunggulan tersendiri dibanding daerah lainnya di Indonesia. Utamanya dalam menarik minat investasi baik dari dalam dan luar negeri. Untuk itu, kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat agar dapat berperan aktif menciptakan iklim kondusif di Kaltim, sehingga pelaksanaan pembangunan berjalan baik dan lancar.

"Kaltim ini penduduknya sangat heterogen. Namun kehidupan bermasyarakat sangat rukun dan damai. Ini yang harus terus kita jaga dan pelihara," kata Mukmin belum lama ini di Samarinda.

Untuk itu, lanjut dia, demi mempertahankan suasana yang rukun, aman dan damai di seluruh wilayah Kaltim, masyarakat diminta untuk tidak terpancing dengan hal-hal yang bersifat provokasi dan bertujuan memecah belah persatuan dan kesatuan. Karena, jika masyarakat menanggapi hal seperti itu maka dapat memicu potensi-potensi konflik horisontal di lingkungan masyarakat. 

Namun, ujar dia, berbagai upaya pencegahan dini terhadap potensi-potensi konflik tersebut terus dilakukan pemerintah bersama dengan TNI dan Polri, serta mitra pemerintah, seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), termasuk paguyuban-paguyuban yang ada di Kaltim. 

"Kita juga dibantu dengan keberadaan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk menjaga suasana Kaltim agar tetap rukun dan damai. Untuk itu koordinasi dan komunikasi harus terus ditingkatkan diantara seluruh pihak. Jika ada potensi konflik harus segera ditangani dan diselesaikan, sehingga tidak sampai berkembang dengan cepat," pungkasnya. (her/sul/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation