Jajaran DPU Kaltim Ziarah ke TMP Kesuma Bangsa

Peringati Hari Bhakti ke-70

SAMARINDA - Mengisi rangkaian Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-70 jajaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim melaksanakan apel peringatan dan ziarah serta tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, Rabu (2/12). Apel dan tabur bunga dipimpin Sekretaris DPU Kaltim Dadang Irwan diikuti ratusan pegawai DPU Kaltim, baik PNS maupun para tenaga kontrak.

Usai apel peringatan dan tabur bunga, Dadang Irwan menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk mengenang kembali jasa tujuh pemuda yang merupakan pegawai Departemen Pekerjaan Umum yang berjuang mempertahankan Kantor Pusat Departemen Pekerjaan Umum di Jalan Pangeran Diponegoro 22 Bandung atau sekarang lebih dikenal dengan Gedung Sate.

"Semangat Sapta Taruna Ksatria mereka harus kita teladani. Dengan gagah berani, mereka rela mengorbankan jiwa raga untuk dapat mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Semangat mereka ini sangat patut kita teladani dalam pengabdian kita di masing-masing bidang," kata Dadang Irwan.

Selain melakukan kegiatan apel peringatan dan ziarah serta tabur bunga di TMP Kesuma Bangsa Samarinda, dalam rangkaian Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-70 tahun ini, jajaran DPU Kaltim juga menggelar berbagai lomba dan aksi sosial. Diantara aksi sosial yang dilakukan adalah sunatan massal, kunjungan dan santuan ke masyarakat kurang mampu, bantuan ke panti jompo dan panti asuhan serta pondok pesantren.

Sedangkan ketika ditanya tentang komitmen jajaran DPU Kaltim untuk membangun infrastruktur Bumi Etam secara keseluruhan, Dadang Irwan mengungkapkan, tahun 2016 anggaran direncanakan mencapai Rp2 triliun. Alokasi itu belum termasuk dukungan APBN.

"Tahun depan anggaran infrastruktur kita mencapai Rp2 triliun, belum termasuk APBN. Kita akan bangun infrastruktur agar lebih baik sesuai tema  Hari Bhakti tahun ini, Bangun Infrastruktur untuk Negeri," tegas Dadang didampingi Kepala Bidang Bina Marga Joko Setiono dan para pejabat DPU Kaltim lainnya.

Satu yang juga akan menjadi prioritas adalah pembangunan infrastruktur menuju kawasan perbatasan. Untuk pembangunan jalan dan jembatan menuju kawasan perbatasan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Dadang menyebutkan bahwa penanganannya akan dibantu dengan dukungan APBN.

"Yang jelas, kami akan terus berupaya menyelesaikan dan menyempurnakan pembangunan infrastruktur yang sudah kita laksanakan. Ruas jalan menuju perbatasan juga menjadi prioritas kita agar pemerataan dan percepatan pembangunan juga bisa segera dirasakan masyarakat kita di perbatasan," tegas Dadang.

Puncak peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-70 akan dilaksanakan Kamis (3/12) hari ini di Halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kaltim di Jalan Tengkawang No 1 Samarinda. Berbagai lomba dan hiburan juga akan dilaksanakan hari ini. (sul/hmsprov)     

Foto: TABUR BUNGA. Para pejabat Dinas Pekerjaan Umum Kaltim melakukan ziarah ke TMP Kesuma Bangsa Samarinda untuk mengenang jasa para pahlawan dalam rangkaian Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-70. (samsul/humasprov)

Berita Terkait
Mensos Kunker ke Bulungan
Mensos Kunker ke Bulungan

15 Februari 2013 Jam 00:00:00
Sosial

BERITA FOTO :
BERITA FOTO :

30 Desember 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Government Public Relation