Jalan Tol Balsam Tuntas Akhir Juli

Dok.humaskaltim

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,02 km direncanakan beroperasi penuh pada akhir Juli 2020. 

Kepastian rencana pengoperasian jalan tol untuk Seksi 1 hingga Seksi 5 tersebut dilaporkan Kepala  Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur (Kaltim), Junaidi kepada Gubernur Kaltim H Isran Noor, Kamis (11/6/2020).

Junaidi mengungkapkan dua seksi yang belum kelar 100 persen hingga hari ini, yakni Seksi 1 (Km 13 Balikpapan-Samboja) dan Seksi 5 (Km 13 Balikpapan-Batakan) 

diperkirakan sudah bisa dirampungkan pertengahan Juli nanti. Seksi 1 dibangun menggunakan APBD Provinsi Kaltim dan Seksi 5 menggunakan APBN dan loan China.

"Peresmian untuk penggunaan jalan tol seluruhnya, kami jadwalkan akhir Juli," lapor Junaidi kepada Gubernur Isran Noor. 

Seperti diketahui, sejak 19 Desember 2019 lalu, jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini sudah dioperasikan khususnya untuk Seksi 2, 3 dan 4. Dalam kurun waktu  itu  jalan tol masih digratiskan hingga pemberlakuan resmi tarif tol pada 14 Juni mendatang.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyambut gembira informasi tersebut dan berharap kehadiran jalan tol memberi dampak hebat terhadap kemajuan ekonomi Kalimantan Timur.

Menurut Gubernur, masyarakat bisa memilih. Menggunakan jalan tol berbayar atau jalan arteri yang sudah ada sebelumnya. Apalagi,  pemerintah rutin melakukan perawatan jalan yang membelah Tahura Bukit Soeharto tersebut.

"Pak Presiden sudah pesan, Pak Gubernur, kalau nanti selesai, langsung aja dioperasikan. Tidak usah peresmian lagi. Semoga memberi manfaat besar untuk Kaltim dan ibu kota negara yang baru nanti," 

kata Isran menirukan ucapan Presiden Joko Widodo, saat peresmian jalan tol ini di Gerbang Tol Samboja, 17 Desember 2019 silam. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait