Kalimantan Timur
Jalan Tol Sambon Rp11 Triliun

Foto : Dok. Humas

SAMARINDA - Jalan tol Samarinda - Bontang (Sambon) menjadi satu dari empat Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kalimantan Timur yang mulai dibangun pada tahun 2020 ini.

.

"Pembangunan tol Samarinda-Bontang sepanjang 95 kilometer dengan nilai investasi sekitar Rp11 triliun dimulai tahun ini," kata Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, awal Februari lalu. 

.

Menurut Isran, hikmah Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) baru Indonesia. Tentu memberikan nuansa baru pula bagi kawasan provinsi di luar Pulau Jawa.

.

Khususnya berkaitan pembangunan infrastruktur. Seperti pembangunan jalan tol Samarinda Bontang yang merupakan kelanjutan jalan tol Balikpapan Samarinda sepanjang 99,02 KM.

.

Pembangunan jalan tol Samarinda Bontang sama halnya pembangunan jalur aksesibilitas di daerah lainnya. Yakni, memudahkan dan memperlancar distribusi barang dan orang, sehingga memacu pertumbuhan ekonomi.

.

Selain itu, akan tumbuh kawasan atau sentra-sentra ekonomi baru, terutama wilayah yang selama ini belum dan sulit terjangkau. Termasuk kawasan potensi pariwisata.

.

Untuk Kaltim lanjut Isran, sesuai statusnya sebagai IKN baru Indonesia, tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kebupaten Kutai Kartanegara. Tentu memerlukan support dari berbagai daerah sebaga kawasan penyangga IKN.

.

Maka, ketersediaan fasilitas jalan sudah menjadi kewajiban pemerintah membangunnya. Guna memudahkan aksesibilitas arus barang dan orang.

.

"Selain percepatan penuntasan tol Balikpapan Samarinda. Segera dibangun tol Samarinda Bontang, tol Balikpapan Sepaku, tol Kutai Kartanegara dan tol Penajam Paser Utara ke pusat IKN," jelasnya.

.

Bahkan ungkap Isran, di tahun ini sesuai tekad Presiden Jokowi untuk aksesibilitas IKN juga dibangun Jembatan Tol Balikpapan-Penajam. Selain, percepatan penuntasan pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan kawasan industri Kariangau Balikpapan dengan kawasan ekonomi Buluminung Penajam Paser Utara.

.

"Kita patut bersyukur dan wajib mendukung agar PSN terlaksana sukses di Kaltim," harap Isran Noor.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait