Jambore Tagana Se-Kaltim Digelar 22 April

SAMARINDA – Dinas Sosial Provinsi Kaltim tengah mempersiapkan pelaksanaan Jambore Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-Kaltim yang dijadwalkan berlangsung dari  22 hingga 26 April, di Lapangan Tembak Korem 091/ASN,  Tanah Merah, Kelurahan Lempake, Samarinda Utara.
Ketua Panitia kegiatan Jambore Tagana Se-Kaltim, Ayi Hikmat, menjelaskan kegiatan Jambore Tagana se-Kaltim ini merupakan jambore pertama yang digelar dengan mengumpulkan seluruh anggota Tagana dari seluruh Kaltim.
“Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kapasitas dan kemampuan anggota Tagana serta sebagai barometer mengukur  kemampuan mereka dalam hal penanganan bencana yang memang menjadi tugas pokok dan fungsi,” ujarnya.
Dijelaskan,  selama ini kekuatan Tagana di Kaltim hanya diketahui dalam bentuk angka atau jumlah saja. Sehingga dalam Jambore nanti diharapkan masing-masing kontingen Tagana kabupaten/kota bisa menunjukkan kemampuan,  khususnya dalam penanganan bencana.
Sebelumnya, kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 15 April, namun karena ada beberapa kendala teknis, kegiatan diundur seminggu kemudian pada 22 April.
Menurut Ayi, pengunduran jadwal pelaksanaan Jambore Tagana se- Kaltim ini  telah diinformasikan kepada seluruh calon peserta dari kabupaten/kota se Kaltim.
Begitupun dengan undangan perwakilan dari Tagana Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel)  serta kepada nara sumber dari Kementerian Sosial.
Dalam Jambore ini nantinya akan dilombakan berbagai ketangkasan  mulai dari  merakit perahu karet, membuat dapur umum, membangun tenda dan navigasi hingga lomba evakuasi korban bencana.
Selain itu juga lombakan cara bertahan hidup di alam bebas (survival) dengan cara membangun shelter atau perlindungan bagi penyelamat dan  korban yang ditolong. "Kami berharap nantinya bapak Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek dapat  hadir sekaligus membuka Jambore Tagana yang baru pertama dilangsungkan," harapnya.(yul/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation