Jambore Varietas Hortikultura 2015

Mukmin : Bukti Keberhasilan Sektor Pertanian

LOA JANAN – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan menggelar Jambore Varietas Hortikultura sebagai bentuk upaya menyosialisasikan keunggulan berbagai varietas hortikultura bagi petani dan masyarakat.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari sejak 1-4 Oktober dengan melibatkan pelaku utama, pelaku usaha dan pihak swasta di sektor pertanian ini memperkenalkan 20 jenis tanaman sayuran dan buah merambat dengan 85 varietas.

Jambore ini menurut Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP adalah  bentuk dan bukti keberhasilan kegiatan pertanian tanaman pangan dan hortikultura, terutama dalam upaya percepatan pencapaian swasembada pangan di daerah bahkan nasional.

“Saya sangat senang atas jambore ini dan kegiatan ini bukti keberhasilan sektor pertanian kita,” kata Mukmin Faisyal usai membuka Jambore Varietas Hortikultura di UPTD Balai Benih Induk Hortikultura Desa Batuah KM.40 Kecamatan Loa Janan Kutai Kartanegara, Kamis (1/10).

Selain itu, jambore yang menampilkan berbagai jenis tanaman sayur dan buah itu bagian dari semangat sekaligus komitmen pemerintah dalam melakukan pembinaan bagi pelaku utama dan pelaku usaha di sektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura.

Wagub berharap agar ajang regional yang diikuti empat provinsi di nusantara ini (Provinsi Nangroe Aceh Darusalam, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan dan Kaltim tuan rumah) dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Bagi Mukmin, Jambore Varietas Hortikultura sangat penting dan memiliki nilai yang sangat strategis dalam memacu dan memicu pembangunan serta pengembangan sektor pertanian khususnya di Kaltim.

“Kaltim ini memiliki keunggulan lahan dan sangat potensial untuk pengembangan sektor pertanian. Kegiatan ini bertepatan Hari Pertanian Nasional hendaknya dapat dijadikan momentum kebangkitan pembangunan sektor pertanian  kita,” harap Mukmin Faisyal.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim mengatakan jambore digelar untuk menyosialisasikan pengembangan varietas hortikultura sangat potensial dan perlu didukung ketersediaan benih unggul dan berkualitas.

“Benih merupakan faktor utama keberhasilan agribisnis hortikultura, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas produk. Sementara banyak varietas hortikultura yang belum dikenal masyarakat termasuk pelaku utama dan pelaku suaha,” ujar Ibrahim.

Dia menyebutkan Jambore Varietas Hortikultura di BBI Hortikultura KM. 40 Loa Janan diikuti produsen benih, petani, petugas pertanian tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota serta perguruan tinggi dan pelajar serta masyarakat umum.

Jambore Varietas Hortikultura dihadiri Direktur Perlindungan Hortikultura Kementerian Pertanian Soesilo. Tampak hadir  Plt Sekretaris Provinsi Kaltim H Rusmadi dan pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim serta pejabat Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim.

Dalam kesempatan itu Wagub Mukmin Faisyal berkesempatan melakukan panen buah Semangka dan Melon serta menyerahkan bantuan bibit dan mesin alat pertanian kepada kelompok tani di kabupaten dan kota. (yans/sul/humasprov)

///Foto: UNGGUL. Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal (kedua dari kiri) menyantap semangka kuning di ajang Jambore Varietas Hortikultura di kawasan UPTD BBI Hortikultura Desa Batuah KM.40 Loa Janan Kukar.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait