Jamkrida Harus Gandeng Perbankan Daerah

SAMARINDA – Dalam upaya memberikan kemudahan bagi pelaku usaha (usaha mikro kecil menengah/UMKM dan koperasi) untuk akses pembiayaan guna mendukung pengembangan permodalan usaha. Sebaiknya, PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Kaltim mengoptimalkan sinergi (kerjasama) dengan  lembaga pembiayaan lainnya.

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan di Kaltim sudah banyak lembaga pembiayaan berbentuk perusahaan daerah telah memberikan dukungan bagi pelaku usaha.

“Saya minta optimalkanlah kinerja Jamkrida ini dan jalin sinergi dengan lembaga pembiayaan (lembaga perbankan) milik daerah,” kata Awang Faroek Ishak, baru-baru ini.

Menurut dia, banyak pelaku usaha yang belum mampu mengakses pembiayaan di lembaga perbankan dan kondisi itu menjadi tantangan bagi Jamkrida untuk berperan lebih baik.

“Saya akui walaupun baru setahun operasionalnya. Jamkrida sudah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam mendukung pelaku UMKM dan koperasi,” puji gubernur.

Sementara itu Direktur Utama PT Jamkrida Kaltim Agus Shohir mengungkapkan pihaknya tidak saja menjalin kerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim tetapi juga dengan lembaga perbankan milik daerah lainnya.

“Diantaranya, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) BePeDe Kutai Sejahtera Kutai Kartanegara, BPR Kota Samarinda, BPR Bulungan dan BPR Kutai Timur,” sebut Agus Shohir.

Dia menambahkan kerjasama itu bisa memberikan alternatif kepada pelaku UMKM dan koperasi. Utamanya, jika masyarakat tidak mampu mengakses lembaga perbankan dapat dilakukan di BPR dan PT Jamkrida bersedia memfasilitasinya.

Selain itu, PT Jamkrida Kaltim juga telah memberikan dukungan penjaminan pengadaan barang dan jasa bagi kontraktor. Hal ini sesuai dengan ijin yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ke depan, PT Jamkrida Kaltim akan lebih intensif melakukan sosialisasi kepada para pelaku UMKM dan koperasi agar lebih mengenal penjaminan produktif oleh lembaga penjaminan milik daerah ini. (yans/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait