Kalimantan Timur
Jangan Hanya Waspada Covid-19, DBD Juga Mengancam

Dok.humaskaltim

SAMARINDA – Selain virus corona (Covid-19) yang masih menyerang, masyarakat diminta tetap waspada dengan wabah lain yang mungkin mengancam seperti demam berdarah (DBD).  

Antisipasi yang dianjurkan pemerintah terhadap kondisi tersebut, masyarakat diminta tetap menjaga diri dan lingkungan. Budayakan  hidup bersih dan sehat (HBS).

"Apalagi saat ini kondisi cuaca tak menentu. Diharapkan masyarakat tidak berhenti melaksanakan perilaku HBS," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim H Andi Muhammad Ishak, Jumat (19/6/2020).

Menurut Andi Muhammad Ishak ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menghadapi kondisi tersebut. Mulai menghindari genangan air di sekitar rumah. Kemudian membersihkan barang-barang bekas yang tidak terpakai agar tidak menjadi tumpukan sampah. 

Karena, dengan kondisi lingkungan yang kotor dan banyaknya genangan air. Termasuk membersihkan tempat penampungan air dari jentik nyamuk. Karena akan banyak nyamuk aedes penyebab DBD berkembangbiak. 

"Karena itu, mari bersama-sama tingkatkan perilaku HBS agar terhindar dari DBD," pintanya. 

Sementara hingga Mei 2020 penderita DBD di Kaltim mencapai 48 kasus dan meninggal dua kasus. Sedangkan per Juni 2020 hingga saat ini belum ada informasi perkembangan kasus tersebut. 

"Jadi, kita jangan hanya waspada Covida, DBD juga harus diwaspadai. Walaupun perkembangan kasus belum terlihat," tegasnya. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait