Kalimantan Timur
Jangan Pernah Lelah Menjaga Anak

Sekprov Kaltim Rusmadi bersama para pelajar. Komunikasi yang baik harus terus dibangun agar orangtua bisa terus memantau perkembangan perilaku dan sikap anak. (dok/humasprovkaltim)

 

SAMARINDA - Derasnya perkembangan zaman saat ini memicu kekhawatiran setiap orang tua terhadap kemungkinan terjadinya perubahan perilaku dan sikap anak. Karena itu, orang tua diminta agar tidak pernah lelah memantau perkembangan perilaku dan sikap anak, terutama saat berada di rumah. "Komunikasi yang baik terhadap anak harus terus dilakukan para orang tua, sehingga kita dapat menjaga dan memotivasi anak untuk berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari," kata Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (18/7).

 

Pengawasan ketat harus dilakukan khususnya untuk mencegah agar anak tidak terkontaminasi penyalahgunaan narkoba. Pasalnya saat ini Indonesia sudah bisa dikategorikan sebagai gawat narkoba, akibat serangan mafia narkoba yang demikian luar biasa dengan sasaran semua kalangan dan semua usia. Penggunaan narkoba kata Rusmadi bukan hanya menghancurkan nasib generasi bangsa, tetapi seluruh keluarga juga merasakan dampaknya. Jika tidak diantisipasi, narkoba akan menghancurkan generasi-generasi penerus bangsa selanjutnya.

 

Padahal, bangsa ini dapat terbangun dan sukses. Apabila memiliki anak-anak yang kuat, cerdas dan berkualitas serta anak-anak yang memiliki nilai kesantunan, baik kepada orang tua maupun kepada sesama mereka. Paling tidak orang tua harus bisa memberikan perhatian tentang fungsi-fungsi dari pada keluarga. Tugas orang tua bukan hanya membangun ekonomi keluarga bisa berkecukupan tetapi juga bagaimana keluarga adalah tempat membentuk akhlak dan kepribadian anak yang cerdas, santun, tertib, disiplin dan hemat.

 

"Jadi bukan hanya pendidikan agama tetapi juga perilaku yang baik harus diajarkan kepada anak. Saya minta, jangan pernah lelah memberikan perhatian terhadap anak kita, demi kesuksesan dan masa depan anak," jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait