Jangan Sia-Siakan Kemerdekaan

Resepsi HUT Kemerdekaan RI ke 69 di Kaltim

SAMARINDA -  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap kepada seluruh masyarakat Kaltim, terutama generasi muda agar tidak menyia-nyiakan kemerdekaan yang telah diraih bangsa dan Negara ini. 

Karena itu, makna dari peringatan hari kemerdekaan yang telah diraih saat ini diharapkan dapat dipahami dan dihayati secara  mendalam sehingga menjadi renungan hati untuk memberikan motivasi untuk berjuang menyukseskan program pembangunan di daerah.

“Sudah 69 tahun kita merdeka. Semua mempunyai kewajiban dan tanggungjawab moral untuk secara kolektif melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan. Maka jangan kita sia-siakan makna dari kemerdekaan ini,” kata Awang Faroek Ishak pada malam resepsi HUT Kemerdekaan RI ke-69 di Pendopo Lamin Etam Kaltim, Minggu malam (17/8).

Menurut Awang, perjuangan mewujudkan cita-cita para pahlwan belum berakhir. Masyarakat mempunyai kewajiban melanjutkan perjuangan dan nilai kejuangan yang ditorehkan para pahlawan dan pejuang negeri ini. 

Semangat dan nilai perjuangan para pahlawan itu masih sangat relevan untuk diterapkan saat ini. Apalagi, bangsa saat ini sedang tumbuh besar menjadi bangsa yang besar, maju, bermartabat dan dihormati bangsa-bangsa di seluruh dunia.

“Yang jelas, tidak berlebihan jika saya menilai bahwa prestasi bangsa ini telah banyak diakui bangsa lain. Bahkan, diprediksi bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar hingga menjadi 10 negara besar di dunia,” jelasnya.

Kaltim lanjut Awang juga harus memberikan kontribusi yang besar untuk negara ini, hingga negara ini benar-benar mampu menjadi satu dari 10 negara besar di dunia.

“Apapun profesi yang kita jalani, legislatif, eksekutif, yudikatif, TNI, Polri,  pengusaha, petani, karyawan atau apapun, mari kita abdikan semuanya untuk negeri ini," jelasnya.

Gubernur menyerukan, kontribusi untuk mewujudkan bangsa dan Negara, bisa dilakukan dari diri sendiri. "Jangan tanyakan apa yang telah diberikan Negara kepada kita, tetapi tanyakan apa yang telah kita berikan untuk negeri ini. Sekecil apapun kontribusi kita,  pasti itu sangat berarti,” ujar Awang. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait