Januari Jokowi ke Kaltim Lagi

Gubernur Awang Faroek Ishak menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo pada kesempatan kunjungan sebelumnya. Januari tahun depan, Jokowi akan kembali ke Kaltim untuk meresmikan dimulainya pembangunan kilang minyak di Balikpapan. (DOK/HUMASPROV KALTIM)

 

SAMARINDA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali ke Kaltim Januari mendatang untuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan peningkatan dan perluasan kilang minyak Balikpapan. Informasi rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk keempat kalinya ke Kaltim  tersebut disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, Rabu (27/12). Kilang minyak yang akan diresmikan pembangunannya oleh Presiden Jokowi berkapasitas 260 barel per hari. "Insyaallah Presiden Jokowi akan datang untuk melakukan groundbreaking peningkatan dan perluasan kilang minyak Balikpapan, Januari mendatang," kata Awang di ruang kerjanya.

 

Untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi, lanjut Awaang Faroek, pada 5 Januari 2018 akan dilakukan rapat koordinasi bersama perwakilan Kementerian Perekonomian,  Kementerian Tenaga kerja,  PT Pertamina, Pemprov Kaltim,  termasuk Walikota Balikpapan, Walikota Bontang, Walikota Samarinda, Bupati PPU,  organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Kaltim maupun kabupaten/kota termasuk Balai Latihan Kerja (BLK), termasuk Politeknik untuk bersama-sama mendiskusikan penyediaan tenaga kerja berkualitas untuk mendukung proyek besar ini. Sebelumnya, kepada Presiden Jokowi, Awang mengaku sudah mengusulkan agar  kesempatan kerja diberikan kepada rakyat Kaltim. Jokowi menyambut baik usulan tersebut. Proyek besar ini memerlukan  20 ribu hingga 30  ribu tenaga kerja, tetapi tenaga kerjanya haruslah dilatih terlebih dahulu, sehingga berkualitas sesuai bidang masing-masing.

 

"Terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas kebijaksanaan yang diberikan untuk membantu menciptakan lapangan kerja bagi rakyat Kaltim, terutama  pemuda-pemudi yang masih menganggur untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan di BLK," papar Awang Faroek. Gubernur mengimbau masyarakat Kaltim agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Dia juga berharap agar keberadaan BLK dapat dioptimalkan, termasuk Politeknik dalam peningkatan kompetensi dan kualitas SDM para pekerja sesuai bidang yang dibutuhkan. (mar/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait