Jasa Marga Selesaikan Semua Paket

 Dukungan untuk Jalan Tol Makin Kuat

JAKARTA - Kerja keras Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak untuk segera merampungkan seluruh paket pembangunan jalan tol berbuah dukungan yang semakin besar dari pemerintah pusat. Menko Perekonomian Chairul Tanjung bahkan memuji kegigihan Gubernur Awang Faroek Ishak yang terus berjuang demi terwujudnya akses transportasi strategis di Kaltim tersebut.

"Saya dan Sekretaris Menko Perekonomian serta Deputi Bidang Kewilayahan sudah mendapat laporan terkait progres perkembangan pembangunan jalan tol tersebut. Saya sangat senang karena progresnya sangat bagus," kata Chairul Tanjung di kantornya usai menerima kunjungan Gubernur Awang Faroek Ishak dan rombongan, Kamis (3/7).

Membuktikan keseriusan pemerintah pusat untuk pembangunan jalan tol di Kaltim itu, Menko Chairul Tanjung pun menegaskan, Jumat pekan depan, pihaknya akan mengirimkan tim pusat ke Balikpapan untuk membahas lebih teknis tindak lanjut pembangunan jalan tol tersebut.

Tim pusat yang akan dikirim terdiri dari para pejabat Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Bappenas, PT Jasa Marga dan berbagai instansi tehnis terkait lainnya.

"Kami ingin proyek ini bisa segera diselesaikan dengan cepat dan bisa segera dioperasikan. Jadi dengan demikian, maka mimpi masyarakat Kaltim untuk memiliki jalan tol Balikpapan - Samarinda bisa segera terwujud. Jalan tol ini sangat baik dan sangat strategis, karena itu kami berikan dukungan serius agar bisa segera diselesaikan," tegas Chairul Tanjung.

Gubernur Awang Faroek yang mendengar langsung dukungan dari Menko Chairul Tanjung mengaku sangat senang karena dukungan pusat semakin kuat untuk segera menuntaskan pembangunan jalan tol tersebut.

"Tentu saya sangat senang mendapat kabar gembira ini. Pembangunan jalan tol akan kita lanjutkan dan segera kita selesaikan dengan kolaborasi pemerintah daerah melalui APBD yang saat ini sudah dikerjakan dan dana APBN sebesar Rp 1 triliun yang telah disetujui Menko Perekonomian serta partisipasi PT. Jasa Marga," ujar Awang.

Pada hari yang sama, Gubernur Awang Faroek juga telah membahas rencana kerjasama pembangunan jalan tol tersebut dengan manajemen PT Jasa Marga. Pada dasarnya, Pemprov  dan PT Jasa Marga siap bekerja sama untuk pembangunan jalan tol tersebut.

"Saya sudah bertemu dengan manajemen PT Jasa Marga dan insyaallah nanti tidak ada lagi pembagian paket I hingga V. Kemungkinan keseluruhan paket akan dikerjakan oleh PT. Jasa Marga," ungkap Awang.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha PT. Jasa Marga Abdul Hadi mengaku sangat mengapresiasi upaya Kaltim untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut. Apalagi hingga pertemuan kedua Kamis lalu, progres pembebasan lahan untuk jalan tol mengalami perkembangan yang sangat signifikan, bahkan  sudah mendekati angka 90 persen.

"Kalau persoalan lahan sudah bisa selesai, maka pembangunan biasanya bisa dilakukan lebih cepat. mudah-mudahan apa yang diniatkan Pak Gubernur dan rakyat Kaltim bisa segera terwujud karena programnya memang untuk mengembangkan daerah-daerah industri setempat. Saya yakin dengan kehadiran jalan tol, perekonomian Kaltim akan tumbuh lebih cepat karena multiflier efect yang pasti sangat besar," kata Abdul Hadi.

Meski demikian, Abdul Hadi belum bisa merinci secara lebih tehnis terkait besaran  anggaran yang disiapkan dan kapan proses pembangunan akan dimulai, karena pihaknya masih akan mempelajari lebih jauh dan rinci rencana kerjasama tersebut.

"Kami masih harus mempelajari, mengevaluasi dan menghitung kembali. Tetapi intinya, kami sangat mendukung rencana kerjasama ini," pungkas Abdul Hadi.

Selain melakukan koordinasi ke Menko Perekonomian dan PT Jasa Marga, pada hari yang sama Gubernur Awang Faroek dan rombongan juga telah melakukan koordinasi ke Bappenas untuk mendapat dukungan yang sama. 

Sejumlah pejabat yang berada dalam rombongan Gubernur Awang Faroek diantaranya Asisten Ekonomi Pembangunan HM Sa'bani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum HM Taufik Fauzi, Kepala Dinas Perhubungan Zairin Zain, Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani, Kepala Biro Bangda Salman Lumoindong, Kepala Biro Umum Ishak, Kepala Biro Ekonomi Abu Helmi dan Kepala Biro Humas dan Protokol S Adiyat. (sul/hmsprov)

//Foto: BANTU KALTIM. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (kiri) saat berbincang dengan Komisaris PT Jasa Marga Ibnu Purna Muchtar, didampingi Direktur Pengembangan Usaha Abdul Hadi (jas hitam). (samsul/humasprov kaltim).

Berita Terkait